Profil Disperindang

Visi dan Misi Dinas Perindustrian dan Perdagangan

VISI dan MISI

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lahat Tahun 2013 - 2018

 

VISI              :   “ Terwujudnya Usaha Industri dan Perdagangan yang Tangguh, Menuju

                  Masyarakat Sejahtera  tahun 2018.”

 

MISI            :   

1.   Mewujudkan sumber daya manusia sektor industri dan perdagangan yang profesional.

2.   Meningkatkan industri kreatif yang berwawasan lingkungan dan berbasis ekonomi  kerakyatan.

3.   Meningkatkan perdagangan barang dan jasa serta pengamanan perdagangan.



Struktur Organisasi Dinas Perindustrian dan Perdangangan ( Disperindang )

Sumber daya manusia di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lahat per 01 Januari 2016 berjumlah 37 orang yang dapat di klarifikasikan berdasarkan golongan, jabatan, dan pendidikan yang dapat di lihat pada tabel di bawah ini :

 

 

No

Golongan

a

b

c

d

Jumlah

1

I

-

-

-

1

1

2

II

3

4

2

-

9

3

III

3

2

5

11

21

4

IV

5

1

-

-

6

 

 

 

Jumlah

 

 

37

 

 

Profil Biodata singkat Pejabat dan Staf

 1)  Nama                           :  Fikriansyah, SE, M.Si

      NIP                              :  19750602 200003 1 001

      Pangkat/Golongan         :  Pembina / IV.a

      Jabatan                        :  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan

      Jenis Kelamin                :  Laki-laki

      e-mail                          : 

      Telp/HP                        :  0823 0698 2223

 

2)   Nama                           :  Drs. Joni Simamora, M.Si

      NIP                              :  197303251994031004

      Pangkat/Golongan         :  Pembina Tk. I / IV.b

      Jabatan                        :  Sekretaris

      Jenis Kelamin                :  Laki-laki

      e-mail                          :   joni@lahatkab.go.id / joesimamora2505@gmail.com

      Telp/HP                        :  0812 7873 4671

 

3)   Nama                           :  Hj. Agustini, SKM, MM

      NIP                              :  19670829 199001 2 002

      Pangkat/Golongan         :  Pembina / IV.a

      Jabatan                        :  Kepala Bidang Program dan Evaluasi

      Jenis Kelamin                :  Perempuan

      e-mail                          :  agustini29ali@gmail.com

      Telp/HP                        :  0812 7843 314

 

4)   Nama                           :  Didi Budiman, SH

      NIP                              :  19591223 198703 1 003

      Pangkat/Golongan         :  Pembina / IV.a

      Jabatan                        :  Kepala Bidang Perindustrian

      Jenis Kelamin                :  Laki-laki

      e-mail                          : 

      Telp/HP                        :  0852 6701 7724

 

5)  Nama                           :  Epan Triansyah, SE

      NIP                              :  19730812 199303 1 004

      Pangkat/Golongan         :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                        :  Kepala Bidang Perdagangan

      Jenis Kelamin                :  Laki-laki

      e-mail                          : 

      Telp/HP                        :  0812 7897 073

 

6)   Nama                           :  Ida Yundriah, SE

      NIP                              :  19630530 199203 2 005

      Pangkat/Golongan         :  Pembina Tk.I / IV.b

      Jabatan                        :  Kepala Bidang Penataan Usaha

      Jenis Kelamin                :  Perempuan

      e-mail                          :  idayundriah@yahoo.co.id

      Telp/HP                        :  0852 6827 5863

 

7)   Nama                           :  Aisyah

      NIP                              :  19590702 198103 2 002

      Pangkat/Golongan         :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                        :  Kasubbag Kepegawaian

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           : 

      Telp/HP                         : 

 

8)   Nama                            :  Isnani

      NIP                               :  19620610 198203 2 001

      Pangkat/Golongan          :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                         :  Kasubbag Keuangan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  isnaninani69@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0813 6839 2596

 

9)  Nama                             :  Febri Rohaini, SE

     NIP                                :  19700218 200312  2 006

     Pangkat/Golongan           :  Penata / III.c

     Jabatan                          :  Kasubbag Umum

     Jenis Kelamin                  :  Perempuan

     e-mail                            :  febrirohaini06@gmail.com

     Telp/HP                          :  0852 7367 2862

 

10) Nama                            :  Ariyanti, S.Sos, MM

      NIP                               :  19720515 199803 2 006

      Pangkat/Golongan          :  Pembina / IV.a

      Jabatan                         :  Kasi Program Perdagangan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  ariyantis.sosmm@yahoo.com

      Telp/HP                         :  085267795901

 

11) Nama                            :  Eka Candra, SE

      NIP                               :  19610917 198903 1 004

      Pangkat/Golongan          :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                         :  Kasi Program Industri

      Jenis Kelamin                 :  Laki-laki

      e-mail                           :  ecandra70@yahoo.co.id

      Telp/HP                         :  081532146266

 

12) Nama                            :  Yusnani

      NIP                               :  19610613 198509 2 001

      Pangkat/Golongan          :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                         :  Kasi Evaluasi dan Pelaporan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           : 

      Telp/HP                         :  0821 1020 0310

 

13) Nama                            :  Marzuki, SE

      NIP                               :  19670802 198811 1 001

      Pangkat/Golongan          :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                         :  Kasi Industri Logam Mesin dan Aneka

      Jenis Kelamin                 :  Laki-laki

      e-mail                           : 

      Telp/HP                         : 

 

14) Nama                            :  Herwansyah, SE

      NIP                               :  19720506 200112 1 003

      Pangkat/Golongan          :  Penata / III.c

      Jabatan                         :  Kasi Industri Kimia Agro dan hasil Hutan

      Jenis Kelamin                 :  Laki-laki

      e-mail                           : 

      Telp/HP                         :  0853 6952 4772

 

15) Nama                            :  Hj. Nuraini, SE

      NIP                               :  19661204 198702 2 001

      Pangkat/Golongan          :  Penata / III.c

      Jabatan                         :  Kasi Pengembangan Pencegahan Pencemaran

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           : 

      Telp/HP                         :  0821 8516 1870

 

16) Nama                            :  Tasman, SE

      NIP                               :  19641019 198303 1 001

      Pangkat/Golongan          :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                         :  Kasi Penyuluh dan Promosi

      Jenis Kelamin                 :  Laki-laki

      e-mail                           :  tasman.husin@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0821 7737 2212

 

17) Nama                            :  Yarap, SE

      NIP                               :  19641212 198603 1 009

      Pangkat/Golongan          :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                         :  Kasi Pengadaan dan Penyaluran

      Jenis Kelamin                 :  Laki-laki

      e-mail                           :  yarapwapah@gmail.com

      Telp/HP                         :  0812 7811 543

 

18) Nama                            :  Latifah, SE

      NIP                               :  19701026 199403 2 002

      Pangkat/Golongan          :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                         :  Kasi Perlindungan Konsumen

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  latifah.alam@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0813 7757 8270

 

19) Nama                            :  Kadinah

      NIP                               :  19590715 198303 2 008

      Pangkat/Golongan          :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                         :  Kasi Penataan Perusahaan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  KadinahDina@gmail.com

      Telp/HP                         :  0821 7828 5444

 

20) Nama                            :  Yulina, SH, MM

      NIP                               :  19720731 200112 2 002

      Pangkat/Golongan          :  Penata Tk.I / III.d

      Jabatan                         :  Kasi Informasi Perusahaan

      Jenis Kelamin                 :  perempuan

      e-mail                           :  yulinalina20@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0813 7329 5719

 

21) Nama                            :  Suryani, SE

      NIP                               :  19630123 199003 2 009

      Pangkat/Golongan          :  Penata / III.c

      Jabatan                         :  Kasi Pengawasan dan Penyidikan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  suryani.ani970@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0812 7867 6335

 

22) Nama                           :  M. Iskandar Mirza

       NIP                              :  19581101 198602 1 002

       Pangkat/Golongan         :  Penata / III.c

       Jabatan                        :  Staf Seksi Industri Kimia Agro dan Hasil Hutan

       Jenis Kelamin                :  Laki-laki

       e-mail                          : 

       Telp/HP                        : 

 

23) Nama                            :  Heri Widanti, SE

      NIP                               :  19780503 200801 2 010

      Pangkat/Golongan          :  Penata Muda Tk.I / III.b

      Jabatan                         :  Staf Kasi Informasi Perusahaan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  Heriwidanti@yahoo.co.id

      Telp/HP                         :  0821 7679 7953

 

24) Nama                            :  Desi Arisandi, SE

      NIP                               :  19641212 198603 1 009

      Pangkat/Golongan          :  Penata Muda Tk.I / III.b

      Jabatan                         :  Staf Subbag Keuangan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  DesiArisandi70@gmail.com

      Telp/HP                         :  0812 7456 7544

 

25) Nama                            :  Okta Rudianto, SE

      NIP                               :  19791015 200701 1 004

      Pangkat/Golongan          :  Penata Muda Tk.I / III.b

      Jabatan                         :  Staf Pengadaan dan Penyaluran

      Jenis Kelamin                 :  Laki-laki

      e-mail                           :  okta@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0812 7957 7520

 

26) Nama                            :  Lita Nopriani, SE

      NIP                               :  19811110 200701 2 004

      Pangkat/Golongan          :  Penata Muda / III.a

      Jabatan                         :  Staf Perlindungan Konsumen

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  lita.nopriani@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0853 6848 1811

 

27) Nama                            :  Kasmiana, SE

      NIP                               :  19780527 201001 2 004

      Pangkat/Golongan          :  Penata Muda / III.a

      Jabatan                         :  Staf Seksi Penyuluhan dan Promosi

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  kasmiana.ulpa@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0821 9033 3181

 

28) Nama                            :  Surniati

      NIP                               :  19760810 200701 2 009

      Pangkat/Golongan          :  Pengatur / II.c

      Jabatan                         :  Staf Seksi Program Perdagangan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  surniatisurti@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0819 9008 0652

 

29) Nama                            :  Supriyanti

      NIP                               :  19790424 200701 2 008

      Pangkat/Golongan          :  Pengatur / II.c

      Jabatan                         :  Staf Subbag Keuangan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  Yanti­_s37@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0819 9009 5043

 

30) Nama                            :  Zulkanedi Desi

      NIP                               :  19750701 200901 1 004

      Pangkat/Golongan          :  Pengatur Muda Tk.I / II.b

      Jabatan                         :  Staf Seksi Industri Logam Mesin dan Aneka

      Jenis Kelamin                 :  Laki-laki

      e-mail                           : 

      Telp/HP                         :  0852 6763 6018

 

31) Nama                            :  Lidiya Rusmiana

      NIP                               :  19821017 201001 2 001

      Pangkat/Golongan          :  Pengatur Muda Tk.I / II.b

      Jabatan                         :  Staf Subbag Keuangan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  Lidiya_rusmiana@yahoo.com

      Telp/HP                         :  0819 5854 4458

 

32) Nama                            :  Sari Yuliastuti

      NIP                               :  19820707 201001 2 006

      Pangkat/Golongan          :  Pengatur Muda Tk.I / II.b

      Jabatan                         :  Staf Seksi Pengawasan dan Penyidikan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  sariyuliastuti77@yahoo.co.id

      Telp/HP                         :  0853 6900 9844

 

33) Nama                            :  Sri Herlina

      NIP                               :  19730521 200701 2 017

      Pangkat/Golongan          :  Pengatur Muda Tk.I / II.b

      Jabatan                         :  Staf Subbag Keuangan

      Jenis Kelamin                 :  Perempuan

      e-mail                           :  Srilina48@yahoo.co.id

      Telp/HP                         :  0812 7409 7274

 

34) Nama                            :  Lumumba

      NIP                               :  19610111 198203 1 006

      Pangkat/Golongan          :  Pengatur Muda / II.a

      Jabatan                         :  Staf Seksi Pengadaan dan Penyaluran

      Jenis Kelamin                 :  Laki-laki

      e-mail                            : 

      Telp/HP                          :  0813 7785 6108

 

35) Nama                             :  Hairil Isman

      NIP                                :  19750416 201001 1 003

      Pangkat/Golongan           :  Pengatur Muda / II.a

      Jabatan                          :  Caraka dan Pengurus Barang

      Jenis Kelamin                   :  Laki-laki

      e-mail                             : 

      Telp/HP                           :  0812 7346 5789

 

36) Nama                              :  Fatma Sari

      NIP                                 :  19840626 201408 2 001

      Pangkat/Golongan            :  Pengatur Muda / II.a

      Jabatan                           :  Staf Seksi Evaluasi dan Pelaporan

      Jenis Kelamin                   :  Perempuan

      e-mail                             :  mamoru.usako@yahoo.com

      Telp/HP                           :  0857 6455 1984

 

37) Nama                              :  Dina Puspita

      NIP                                 :  19810709 201001 2 005

      Pangkat/Golongan            :  Juru Tk.I / I.d

      Jabatan                           :  Staf Subbag Kepegawaian

      Jenis Kelamin                   :  Perempuan

      e-mail                             : 

      Telp/HP                           :  0821 7913 2333


Tupoksi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindang)

Nama dan Alamat Lengkap SKPD

Dinas Perindustrian dan Perdagangan

Nama Kantor

:

Dinas Perindustrian dan Perdagangan

Alamat

:

Jalan  Kolonel H. Barlian Kel. Bandar Jaya Lahat

e-Mail

:

Disperindagkablahat@yahoo.com

Telp

:

(0731) – 323000

Foto / Gambar

:

 

 

Ruang Lingkup Kegiatan/Pekerjaan

 

      A.  PRIORITAS URUSAN WAJIB YANG DILAKSANAKAN

            I. URUSAN PERINDUSTRIAN

               1.a. PROGRAM DAN KEGIATAN :

 

2.07.2.06.01.15

 

Program Peningkatan Kapasitas IPTEK Sistem Produksi

 

04

Pengembangan kapasitas pranata pebgukuran, standarisasi pengujian dan kualitas

 

05

Pengembangaan sistem inovasi teknologi industri

 

2.06.2.06.01.16

 

Program Pengembangan Industri kecil dan menengah

 

01

Fasilitasi bagi Industri Kecil dan menengah terhadap Pemanfaatan Sumber Daya

 

06

Fasilitasi kerjasama kemitraan industri mikro, kecil dan menengah dengan swasta

 

07

Pembinaan  Pengrajiin Cindramata

 

08

Pembinaan Industri Kopi Bubuk

 

10

Pengembangan industri kecil dan menengah perbengkelan (tambal ban) dan tralis

 

15

Pengembangan industri kecil dan menengah  pertukangan kayu

 

17

Pelatihan dan Bantuan Peralatan Pembuatan Batu Bata

 

2.07.2.06.01.17

 

Program peningkatan Kemampuan Teknologi Industri

 

01

Pembinaan Kemampuan Teknologi Industri

 

02

Kegiatan Pengembangan dan pelayanan Teknologi industri

 

2.07.2.06.01.18

 

Program Penataan Stuktur Industri

 

01

Kebijakan keterkaitan industri hulu hilir

 

03

Pembinaan Keterkaitan Produksi Industri Hulu hingga Hilir

 

2.07.2.06.01.19

 

Program Pengembangan Sentra-Sentra Industri Potensial

 

02

Penyediaan sarana informasi yang dapat di akses masyarakat

 

              II. URUSAN PERDAGANGAN

                   11.A. PROGRAM DAN KEGIATAN :

 

2.06.2.06.01.15

 

Program Perlindungan Konsumen dan pengamanan perdagangan

 

01

Koordinasi Peningkatan Hubungan Kerja dengan Lembaga Pelindungan Konsumen

 

02

Fasilitasi Penyelesaian Permasalahan-permasalahan Pengaduan Konsumen

 

03

Peningkatan dan Pengawasan Penyaluran  Barang dan Jasa

 

04

Operasionalisasi dan pengembangan UPT kemetroligian Daerah

 

06

Sosialisasi Peraturan dan Perundang-undangan perlindungan konsumen

 

2.06.2.06.01.17

 

Program peningkatan dan pengembangan ekspor

 

01

Koordinasi dan sinkronisasi kebijakan pengembangan industri

 

04

Pengembangan data base informasi potensi unggulan

 

14

Penyertaan pada promosi  dan pameran produksi tingkat Propinsi

 

15

Penyertaan pada promosi  dan pameran produksi tingkat Nasional

 

16

Penyertaan dan promosi dan pameran Produksi tingkat kabupaten

 

2.06.2.06.01.18

 

Program Peningkatan Efisiensi Perdagangan Dalam Negeri

 

03

Pengembangan pasar dan distribusi barang/produk

 

04

Pengembangan Kelembagaan Kerjasama Kemitraan

 

06

Peningkatan sistem dan jaringan informasi perdagangan

 

2.06.2.06.01.19

 

Program Pembinaan Pedagang Kaki Lima dan Asongan

 

02

Penyuluhan Peningkatan disiplin pedagang kaki lima dan asongan

 

              III. URUSAN WAJIB UNTUK SELURUH SKPD

                    111.a. PROGRAM DAN KEGIATAN  :

2.06.2.06.01.01

 

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

 

01

Penyediaan Jasa Surat Menyurat

 

02

Kegiatan Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

 

06

Kegiatan Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas Operasional

 

08

Kegiatan Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor

 

09

Kegiatan Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja

 

10

Penyediaan Alat Tulis Kantor

 

11

Kegiatan Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan

 

12

Kegiatan Penyediaan Komponen Instalasi Listrik / Penerangan Bangunan kantor

 

13

Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor

 

14

Kegiatan Penyediaan Peralatan Rumah Tangga

 

15

Kegiatan Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang – undangan

 

17

Kegiatan Penyediaan Makanan dan Minuman

 

18

Kegiatan Rapat – rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerah

 

19

Kegiatan Rapat – rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Dalam Daerah

 

20

Kegiatan Penyediaan Tenaga Non PNS

 

2.06.2.06.01.02

 

Program Peningkatan Sarana & Prasarana Aparatur

 

03

Pembangunan Gedung Kantor (penambahan ruang)

 

05

Pengadaan Kendaraan Dinas/ Operasional

 

07

Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor

 

10

Pemeliharaan Meubleur

 

29

Pemeliharaan Rutin/ berkala Meubleur

 

42

Kegiatan Rehabilitasi Sedang/Berat Gedung Kantor

 

2.06.2.06.01.03

 

Program Peningkatan Disiplin Aparatur

 

02

Pengadaan Pakaian Dinas beserta perlengkapannya

 

05

Pengadaan pakaian khusus Hari-hari tertentu

 

2.06.2.06.01.05

 

Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur

 

01

Pendidikan Pelatihan Formal

 

02

Sosialisasi Peraturan perundang-undangan

 

2.06.2.06.01.06

 

Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan capaian kinerja dan keuangan

 

01

Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Iktisar Realisasi Kinerja SKPD

 

02

Penyusunan Laporan Keuangan Semesteran

 

07

Penyusunan Renstra  dan RKT

 

Tugas Pokok dan Fungsi D(TUPOKSI)

inas Perindustrian dan Perdagangan berdasarkan PERDA dan PERBUP

 

ATugas Pokok

Pemaparan  tugas  pokok  dan  fungsi  yaitu  sesuai  dengan  Peraturan  Bupati  Lahat Nomor 28 Tahun   2008 Tentang Uraian  tugas masing-masing jabatan structural dilingkungan dinas-dinas dalam Kabupaten Lahat. Menurut Pasal 84  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lahat merupakan unsur   pelaksana Pemerintah Kabupaten, dipimpin oleh seorang kepala yang berada dibawah dan   bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.  

 

BFungsi

Sedangkan Fungsi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lahat adalah :

1)  Perumusan kebijakan teknis di bidang perindustrian dan perdagangan sesuai

     kebijakan yang ditetapkan Bupati.

2)  Pembinaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian dibidang industri logam, mesin,

     rekayasa, transportasi dan elektronika serta tekstil dan aneka.

3)  Pembinaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian dibidang industri kimia, agro dan

     hasil hutan.

4)   Pembinaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian bidang perdagangan.

5)   Pemberian pelayanan umum di bidang perindustrian & perdagangan.

6)   Penyelenggaraan urusan kesekretariatan.

7)   Pembinaan terhada unit pelaksana teknis.

8)   Pembinaan terhaap kelompok jabatan fungsional.

 

Dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lahat dibantu 1 (satu) unsur Sekretariat dan 4 (empat) unsur bidang  beserta seksi masing-masing dengan Tugas dan Fungsinya sebagai berikut :

 

1.    Tugas Pokok dan Fungsi Sub Bagian Umum :

  1. Membuat laporan hasil pekerjaan Sub Bagian Umum guna selanjutnya memberikan saran/ usul kepada atasan untuk kelancaran tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas sub Bagian Umum terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  3. Merencanakan kegiatan bidang Sub Bagian Umum baik secara bulanan, tahunan maupun insidensil;
  4. Menghimpun dan menyusun peraturan Perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (juklak) untuk pedoman melaksanakan tugas Sub Bagian Umum;
  5. Melaksanakan koordinasi kepada Sub Bagian lainnya pada sekretariat untuk kelancaran pelasanaan tugas;
  6. Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam Daftar Pelaksanaan Pekerjaan (DP3);
  7. Memberikan petunjuk pembuatan naskah Dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan tugas Sub bagian Umum;
  8. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan menghubungkan paraf hasil ketikan;
  9. Membuat laporan baik secara bulanan maupun insidensil melalui Kepala Sekretariat;
  10. Memeriksa dan menyaipkan bahan pembangunan organisasi dan tatalaksana, pengelolaan surat menyurat, kearsipan dan perlengkapan serta menghimpun program kerja masing-masing bidang;
  11. Merencanakan pelaksanaan dan pengawasan kegiatan kepegawaian dilingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan;
  12. Mengkoordinasikan perencanaan, pengelolaan, pengawasan keuangan dan administrasi pelaksanaan keuangan akhir;
  13. Mengkoordinasikan penyebarluasan perundang-undangan dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas;
  14. Melakukan urusan hubungan masyarakat;
  15. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yangdiberikan oleh atasan.

 

2.   Tugas Pokok dan Fungsi Kepegawaian :

  1. Membuat laporan hasil pekerjaan Sub Bagian Kepegawaian guna selanjutnya memberikan saran/ usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Sub Bagian Kepegawaian terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  3. Merencanakan kegiatan bidang sub Bagian Kepegawaian baik secara bulanan, tahunan maupun insidensil;
  4. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta juklak untuk pedoman melaksanakan tugas Sub Bagian Kepegawaian;
  5. Melaksanakan koordinasi kepada Sub Bagian lainnya pada sekretariat untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam Daftar Penilaian Pekerjaan (DP3);
  7. Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan Sub Bagian Kepegawaian;
  8. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan selanjutnya siap untuk diketik dan membutuhkan paraf pada hasil ketikan;
  9. Membuat laporan baik secara bulanan maupun insidensil melalui Kepala Sekretariat;
  10. Memeriksa dan menyiapkan bahan pembinaan kepegawaian penyusunan rencana kebutuhan dan pengembangan pegawai, mutasi serta tata usaha kepegawaian;
  11. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

3.   Tugas Pokok dan Fungsi Keuangan :

  1. Membuat laporan hasil pekerjaan Sub Bagian Keuangan guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Sub Bagian Keuangan terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  3. Merencanakan kegiatan Sub Bagian keuangan baik secara bulanan, tahunan maupun insidensil;
  4. Menghimpun dan  menyusun peraturan perundang-undangan beserta juklak untuk pedoman melaksanakan tugas Sub Bagian Keuangan;
  5. Melaksanakan koordinasi kepada Sub Bagian lainnya pada sekretariat untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP3;
  7. Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Keuangan;
  8. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk siap untuk diketik dan mebubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  9. Membuat laporan baik secara bulana, tahunan maupun insidentil melalui Kepala Sekretariat;
  10. Memeriksa dan menyiapkan bahan penyuysunan anggaran dan belanja dinas, mengurus pembukuan, perhitungan anggaran, verifikasi serta perbendaharaan;
  11. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan

 

4.  Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Program dan Evaluasi :

  1. Memprogramkan operasional kegiatan Bidang Program dan Evaluasi baik secara bulanan, tahunan dan insidentil;
  2. Membagi tugas kepada Kasi-kasi supaya tugas-tugas Bidang Program dan Evaluasi terbagi habis & terlaksana dengan baik;
  3. Menyiapkan dan menghimpun peraturan Perundang-undangan beserta petunjuk kerja lainnya untuk pedoman pelaksanaan tugas Bidang Program dan Evaluasi;
  4. Memberi petunjuk dan pembimbing bawahannya dalam pelaksanaan tugas-tugas sehari-hari;
  5. Mengevaluasi tugas bawahan selanjutnya memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP3;
  6. Melaporkan kegiatan Bidang Program dan Evaluasi baik yang telah maupun yang belum dilaksanakan serta menyusun data potensi industri dan perdagangan guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran;
  7. Menghimpun bahan laporan dari seksi-seksi bawahannya yang selanjutnya menyusun laporan kepada Kepala Dinas baik secara bulanan, triwulan maupun tahunan melalui Sekretariat;
  8. Mengkoordinasikan usaha pengendalian lingkungan dan penerapan/pemasyarakatan SNI dan pengawasan mutu barang daerah;
  9. Menyusun dan merencanakan program pembangunan dalam rangka penumbuhan dan pengembangan industri perdagangan;
  10. Memberikan saran serta pertimbangan kepada Kepala Dinas dalam penetapan penentuan pertanggung jawaban kegiatan pembangunan industri dan perdagangan serta pelaksanaan tugas non struktural di lingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan;
  11. Mengkoordinasikan pelaksanaan penilaian/ evaluasi dan memonitor pelaksanaan program proyek pembangunan di lingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan;
  12. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

5.  Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Program Industri :

  1. Membuat laporan hasil pekerjaan seksi Program Industri guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas lainnya;
  2. Membagi tugas kepada bawahannya supaya tugas-tugas Seksi Program Indsutri terbagi habis & terlaksana dengan baik;
  3. Memprogramkan kegiatan Seksi Program Industri baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil;
  4. Menghimpun dan menyusun peraturan Perundang-undangan beserta juklak untuk pedoman melaksanakan tugas Seksi Program Industri;
  5. Melaksanakan koordinasi kepada Seksi lainnya pada Bidang Program dan Evaluasi untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Memberikan penilaian kepada bawahannya setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP3;
  7. Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan tugas Seksi Program Industri;
  8. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  9. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil melalui Kepala Bidang Program dan Evaluasi;
  10. Menyusun Program Industri, Sumber Daya Manusia, penyusunan dan penyebaran informasi industri, pemantauan standar dan pengawasan mutu serta pengendalian lingkungan;
  11. Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data/informasi sektor indsutri;
  12. Mengkoordinasikan usaha pengendalian lingkungan dan penerapan/pemasyarakatan SNI dan pengawasan mutu di daerah;
  13. Menyusun dan melaksanakan program kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta/ dunia usaha dalam rangka peningkatan pembinaan/ pengembangan industri;
  14. Memberikan saran serta pertimbangan kepada Kepala Bidang Program dan Evaluasi dalam penetapan penentuan pertanggung jawaban kegiatan pembangunan industri serta pelaksanaan tugas non struktural di lingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan;
  15. Mengkoordinasikan pelaksanaan pencatatan usaha indsutri;
  16. Mengkoordinasikan pelaksanaan penilaian/ evaluasi dan memonitor pelaksanaan program pembangunan di lingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan;
  17. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

6.   Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Perdagangan :

  1. Membuat laporan hasil pekerjaan seksi Program Perdagangan guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas lainnya;
  2. Membagi tugas kepada bawahannya supaya tugas-tugas Seksi Program Perdagangan terbagi habis & terlaksana dengan baik;
  3. Merencanakan kegiatan Seksi Program Perdagangan baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil;
  4. Menghimpun dan menyusun peraturan Perundang-undangan beserta juklak untuk pedoman melaksanakan tugas Seksi Program Perdagangan;
  5. Melaksanakan koordinasi kepada Seksi lainnya pada Bidang Program dan Evaluasi untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Memberikan penilaian kepada bawahannya setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP3;
  7. Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan tugas Seksi Program Perdagangan;
  8. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  9. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil melalui Kepala Bidang Program dan Evaluasi;
  10. Menyusun Program Perdagangan dan pengembangan Sumber Daya Manusia pada sektor perdagangan, mengolah dan menyajikan data/informasi sektor perdagangan, pemantauan standar dan pengawasan mutu serta perlindungan konsumen;
  11. Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data/informasi sektor perdagangan;
  12. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

7.  Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Evaluasi dan Pelaporan :

  1. Membuat laporan hasil pekerjaan seksi Evaluasi dan Pelaporan guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas lainnya;
  2. Membagi tugas kepada bawahannya supaya tugas-tugas Seksi Evaluasi dan Pelaporan terbagi habis & terlaksana dengan baik;
  3. Merencanakan kegiatan Seksi Evaluasi dan Pelaporan baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil;
  4. Menghimpun dan menyusun peraturan Perundang-undangan beserta juklak untuk pedoman melaksanakan tugas Seksi Evaluasi dan Pelaporan;
  5. Melaksanakan koordinasi kepada Seksi lainnya pada Bidang Program dan Evaluasi untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Memberikan penilaian kepada bawahannya setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP3;
  7. Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan tugas Seksi Evaluasi dan Pelaporan;
  8. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  9. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil melalui Kepala Bidang Program dan Evaluasi;
  10. Mengevaluasi tentang pertumbuhan dan perkembangan industri dan perdagangan;
  11. Menyiapkan data sektor industri dan perdagangan untuk bahan penyusunan program;
  12. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

8.  Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Perdagangan :

  1. Memberikan bimbingan teknis pembinaan usaha dan sarana perdagangan, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan bidang perdagangan;
  2. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap barang dan jasa yang beredar dalam rangka memberikan perlindungan kepada konsumen;
  3. Memberikan bimbingan dan pembinaan di bidang perdagangan;
  4. Melakukan penyiapan bahan bimbingan teknis pembinaan, pengembangan pengadaan, penyaluran, analisis iklim usaha, pemantauan dan evaluasi serta peningkatan kerjasama dengan dunia usaha bidang pengadaan dan penyaluran;
  5. Melakukan pembinaan dan pengembangan sarana promosi atau pameran, pemantauan dan evaluasi serta peningkatan kerjasama dengan dunia usaha;
  6. Melakukan pembinaan terhadap mutu barang/jasa serta kerjasama mengembngkan komoditi unggulan yang mempunyai peluang pasar baik dalam maupun luar negeri;
  7. Melakukan operasional kegiatan Bidang Perdagangan baik secara bulanan, triwulan maupun insidentil;
  8. Membagi tugas kepada seksi-seksi sehingga tugas-tugas dapat terlaksana dengan baik;
  9. Menghimpun peraturan perundang-undangan serta petunjuk kerja lainnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  10. Mengevaluasi tugas bawahan selanjutnya melakukan penilaian yang ditunagkan dalam DP3;
  11. Melaporkan kegiatan baik yang belum maupun yang telah dilaksanakan serta menyampaikan usul/saran kepada atasan guna kelancaran tugas;
  12. Membina hubungan kepada instansi yang terkait dengan tugas Bidang Perdagangan baik lembaga-lembaga, Dinas-Dinas lainnya maupun pihak swasta dalam rangka pembinaan, pengembangan dan peningkatan perdagangan;
  13. Memberikan pembinaan dalam rangka tertib niaga dan kelancaran distribusi barang serta terciptanya iklim usaha yang kondusif;
  14. Memberikan rekomendasi di Bidang Perdagangan kepada pihak yang memerlukan;
  15. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

 9.  Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Pengadaan dan Penyaluran :

  1. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas dapat terlaksana dengan baik;
  2. Merencanakan kegiatan kerja baik bulanan, triwulan maupun insidentil;
  3. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan serta juklak sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan seksi-seksi lainnya dalam rangka kelancaran tugas;
  5. Memberikan bimbingan dan pembuatan konsep-konsep Surat Dinas kepada bawahan;
  6. Memeriksa, meneliti konsep Surat Dinas sebelum diketik;
  7. Membuat laporan secara bulanan, triwulan maupun insidentil kepada Kepala Dinas melalui Kepala Bidang Perdagangan;
  8. Menyiapkan bahan bimbingan dan pembinaan kepada pedagang dalam rangka pengadaan dan penyaluran barang;
  9. Melakukan monitoring pengadaan dan penyaluran barang dengan membuat laporan harian, mingguan, bulanan maupun insidentil;
  10. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pengadaan dan penyaluran barang;
  11. Menjalin kerjasama yang baik kepada para pedagang guna kelancaran pengadaan dan penyaluran barang;
  12. Mengambil langkah-langkah yang positif bila terjadi gejolak dipasar;
  13. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

 10. Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Penyuluhan dan Promosi :

  1. Membuat laporan hasil pekerjaan Seksi Penyuluhan dan Promosi;
  2. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  3. Merencanakan kegiatan Seksi Penyuluhan dan Promosi baik bulanan, triwulan, tahunan maupun insidentil;
  4. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan serta juklak sebagai pedoman melaksanakan tugas;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan seksi-seksi dan instansi pemerintah atau swasta terkait lainnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Memberikan penilaian kepada bawahan yang dicantumkan dalam DP3;
  7. Memberikan bimbingan pembuatan konsep surat kepada bawahan;
  8. Memeriksa dan meneliti konsep surat yang dibuat bawahan sebelum diketik dan ditanda tangani Kepala Dinas;
  9. Membuat laporan secara bulanan, triwulan dan insidentil kegiatan yang dilakukan oleh Seksi Penyuluhan dan Promosi;
  10. Menyiapkan pemberian bimbingan dan pembinaan pengembangan komoditi ekspor serta pengawasan mutu barang ekspor;
  11. Menganalisa iklim usaha yang berpeluang ekspor;
  12. Penyebarluasan informasi komoditi ekspor;
  13. Melaksanakan promosi dan kerjasama dengan dunia usaha di bidang ekspor;
  14. Memantau dan mengevaluasi kebijakan-kebijakan teknis di bidang ekspor;
  15. Melakukan penyuluhan dalam rangka pembinaan dan pengembangan usaha dagang kecil dan menengah;
  16. Melakukan penyuluhan tentang kegiatan perdagangan dalam rangka tata tertib niaga dan terciptanya iklim usaha yang kondusif;
  17. Memperkenalkan produk-produk daerah melalui pameran-pameran dagang baik di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional;
  18. Melakukan penyuluhan tentang Peraturan Daerah dan peraturan-peraturan lain yang berkaitan dengan sektor perdagangan;
  19. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

 11. Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Perlindungan Konsumen :

  1. Membuat laporan hasil pekerjaan Seksi Perlindungan Konsumen;
  2. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  3. Merencanakan kegiatan Seksi Perlindungan Konsumen baik bulanan, triwulan, tahunan maupun insidentil;
  4. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan serta juklak sebagai pedoman melaksanakan tugas;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan seksi-seksi dan instansi pemerintah atau swasta terkait lainnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Memberikan penilaian kepada bawahan yang dicantumkan dalam DP3;
  7. Memberikan bimbingan pembuatan konsep surat kepada bawahan;
  8. Memeriksa dan meneliti konsep surat yang dibuat bawahan sebelum diketik dan ditanda tangani Kepala Dinas;
  9. Membuat laporan secara bulanan, triwulan dan insidentil kegiatan yang dilakukan oleh Seksi Perlindungan Konsumen;
  10. Menyiapkan dan memberikan bimbingan, penyuluhan kepada masyarakat konsumen;
  11. Menyiapkan dan memberikan bimbingan, penyuluhan kepada dunia usaha tentang perlindungan konsumen;
  12. Melakukan pengawasan secara berkala terhadap barang-barang yang beredar di pasaran;
  13. Melakukan pengawasan kemetrologian;
  14. Melakukan koordinasi dengan pihak berwenang dalam rangka penyidikan dan proses hukum terhadap perusahaan yang melakukan pelanggaran Undang-undang metrologi legal dan perlindungan konsumen;
  15. Melakukan pengawasan penggunaan ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapannya serta mengawasi barang dalam keadaan terbungkus;
  16. Melakukan penyuluhan tentang kemetrologian kepada masyarakat;
  17. Mendata alat-alat ukur, takaran, timbangan dan perlengkapannya serta alat-alat yang berkaitan dengan metrologi;
  18. Melakukan koordinasi dengan lembaga/instansi lainnya baik pemerintah maupun swasta dalam rangka kelancaran tugas;
  19. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

12. Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Perindustrian :

  1. Memberikan Bimbingan Teknis Pengembangan Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan;
  2. Memberikan Bimbingan Teknis Pengembangan Industri Logam, Mesin Elektronika dan Aneka;
  3. Merencanakan operasional Kegiatan Bidang Perindustrian baik secara bulanan, triwulan, tahunan maupun insidentil;
  4. Membagi tugas kepada seksi supaya tugas-tugas Bidang Perindustrian terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  5. Memberi bimbingan/petunjuk kepada Kasi-Kasi untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pada Bidang Perindstrian;
  6. Menghimpun peraturan-peraturan perundang-undangan serta petunjuk kerja lainnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas Bidang Perindustrian;
  7. Memberi petunjuk membimbing bawahannya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari;
  8. Memberi petunjuk dan membimbing bawahan selanjutnya memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP3;
  9. Melaporkan kegiatan Bidang Perindustrian baik yang telah maupun yang beul dilaksanakan untuk selanjutnya memberikan usul/saran kepada atasan guna kelancaran tugas
  10. Menghimpun bahan laporan dari Seksi-Seksi bawahannya yang selanjutnya menyusun laporan kepada Kepala Dinas baik secara triwulan, maupun tahunan melalui Kepala Sekretariat;
  11. Membina hubungan kepada instansi yang terkait dengan tugas Bidang Perindustrian dan lembaga-lembaga lainnya baik Pemerintah maupun Swasta dalam rangka pengembangan, peningkatan dan pembinaan dunia industri;
  12. Memberikan binaan kepada pengusaha yang bergerak di bidang industri untuk tidak terjadi pencemaran dalam melakukan kegiatan industrinya;
  13. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

 13. Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Industri Kimia, Agro dan Hasil hutan :

  1. Membuat laporan hasil pekerjaan Seksi Industri Kimia, Agro dan Hasil hutan guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Seksi Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  3. Merencanakan kegiatan Bidang Seksi Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan baik secara bulanan, tahununan maupun insidentil;
  4. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta juklak untuk pedoman melaksanakan tugas Seksi Industri Kimia, Agro dan Hasil hutan;
  5. Melaksanakan koordinasi kepada seksi lainnya pada Bidang Perindustrian dan Perdagangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP3;
  7. Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan tugas Seksi Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan;
  8. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap utnuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  9. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil melalui Kepala Bidang Perindustrian;
  10. Menyiapkan bahan bimbingan teknis penyuluhan, penanaman modal, pemanfaatan fasilitas berusaha, cara penggunaan bahan baku penolong, pencegahan pencemaran serta urusan industri kimia, agro dan hasil hutan;
  11. Melakukan koordinasi dengan seksi pengawasan dan pencegahan pencemaran dalam rangka penyidikan dan proses hukum terhadap perusahaan yang melakukan pelanggaran;
  12. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

 14. Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Industri Logam, Mesin dan Aneka (ILMEA) :

  1. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Seksi ILMEA terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  2. Merencanakan kegiatan bidang Seksi ILMEA secara bulanan, tahunan maupun insidentil;
  3. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta juklak untuk pedoman melaksanakan tugas Seksi ILMEA;
  4. Melaksanakan koordinasi kepada Seksi lainnya pada Sub Dinas Indsutri dan Perdagangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP3;
  6. Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan tugas Seksi ILMEA;
  7. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  8. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil melalui Kepala Bidang Perindustrian;
  9. Menyiapkan bahan bimbingan teknis dan penyuluhan, penanaman modal, pemanfaatan fasilitas berusaha, cara penggunaan bahan baku dan penolong, pencegahan pencemaran dan usaha-usaha industri;
  10. Melakukan pendataan ke usaha-usaha industri baik produk maupun permasalahan-permasalahan lainnya;
  11. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

 15. Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Pengawasan dan Pencegahan Pencemaran :

  1. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Seksi ILMEA terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  2. Merencanakan kegiatan kerja baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil;
  3. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta juklak untuk pedoman melaksanakan tugas;
  4. Melaksanakan koordinasi kepada Seksi lainnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Memberikan bimbingan dalam pembuatan konsep-konsep surat dinas kepada bawahan;
  6. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  7. Membuat peta lokasi industri;
  8. Melakukan pendataan secara periodik ke usaha-usaha industri baik menyangkut produksi dan permasalahan-permasalahannya;
  9. Menganalisa R/UKL (Rencana/Usaha pengelolaan Linkungan) dan R/UPL (Rencana/Usaha Pemantauan Lingkungan) yang dibuat oleh perusahaan;
  10. Menyiapkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan Usaha Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Usaha Pemantauan Lingkungan (UPL);
  11. Melakukan pengawasan secara periodik dan insidentil terhadap perusahaan-perusahaan industri yang berhubungan dengan lingkungan;
  12. Melakukan penyidikan terhadap perusahaan yang melanggar lingkungan hidup;
  13. Memberkaskan hasil penyidikan terhadap perusahaan yang akan diajukan ke Kejaksaan Negeri sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  14. Membuat laporan kegiatan kerja baik bulanan, triwulan, maupun insidentil;
  15. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

16. Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Penataan :

  1. Memberikan bimbingan teknis penataan usaha;
  2. Merencanakan operasional kegiatan bidang penataan perusahaan;
  3. Membagi tugas kepada seksi-seksi supaya tugas dapat dapat terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  4. Memberikan bimbingan kepada seksi-seksi untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan serta juklak sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  6. Mengevaluasi tugas bawahan selanjutnya memberikan penilaian yang dicantumkan dalam DP3;
  7. Melaporkan kegiatan bidang penataan usaha baik yang telah maupun yang belum dilaksanakan guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk kelancaran tugas;
  8. Menghimpun bahan-bahan laporan dari seksi-seksi bawahannya, yang selanjutnya menyusun laporan kepada Kepala Dinas baik secara bulanan, triwulan melalui Sekretariat;
  9. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan;

 

17. Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Penataan Perusahaan :

  1. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas terbagi habis dan terlaksananya dengan baik;
  2. Merencanakan kegiatan seksi penataan perusahaan baik bulanan, triwulan, tahunan maupun insidentil;
  3. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan serta juklak sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan seksi-seksi terkait lainnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Memberikan penilaian kepada bawahan yang dicantumkan dalam DP3;
  6. Memberikan bimbingan pembuatan konsep surat kepada bawahan;
  7. Mengarsipkan data dan laporan penerbitan, pembaharuan, penghapusan dan perubahan tanda dasar perusahaan;
  8. Membuat rencana kerja penataan pendaftaran perusahaan;
  9. Melaporkan kegiatan kerja bulanan, triwulan atau insidentil;
  10. Meneliti, menganalisa surat-surat yang terkait bawahan sebelum ditugaskan sesuai dengan jenjang struktur organisasi;
  11. Melaporkan kegiatan kepada Kepala Bidang Penataan Usaha baik yang sudah maupun yang belum dilaksanakan guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada Kepala Dinas untuk kelancaran tugas;
  12. Melaksanakan tugas-tugas kedinansan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

 18. Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Pengawasan dan Penyidikan :

  1. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas terbagi habis dan terlaksananya dengan baik;
  2. Merencanakan kegiatan pengawasan dan penyidikan;
  3. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan serta juklak sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  4. Memberikan bimbingan kepada bawahan dalam pembuatan surat-surat dinas;
  5. Memeriksa, meneliti surat-surat yang dibuat bawahan sebelum diteruskan sesuai dengan jenjang struktur organisasi;
  6. Memberikan penilaian kepada bawahan yang dicantumkan dalam DP3;
  7. Melakukan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan yang berlaku akan sedang dan telah melakukan pendaftaran perusahaan;
  8. Membuat rencana kerja pengawasan secara bulanan, triwulan;
  9. Memberikan teguran/peringatan secara tertulis kepada perusahaan yang belum melakukan pendaftaran perusahaan dan atau perusahaan yang telah habis masa laku tanda daftar perusahaannya;
  10. Membuat laporan kegiatan pengawasan ke Dinas Perindag Provinsi sumatera Selatan;
  11. Melakukan pengawasan terhadap yang melanggar UU No.3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan;
  12. Melakukan koordinasi dengan pihak berwenang dalam rangka penyidikan dan proses hukum terhadap perusahaan yang melakukan pelanggaran UU No.3 tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan;
  13. Bekerjasama dengan instansi/lembaga baik Pemerintah maupun swasta dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  14. Melaksanakan tugas-tugas kedinansan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

 19. Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Informasi Perusahaan :

  1. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas terbagi habis dan terlaksananya dengan baik;
  2. Merencanakan kegiatan Seksi Informasi Perusahaan baik bulanan, triwulan, tahunan maupun insidentil;
  3. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan serta juklak sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  4. Memberikan bimbingan kepada bawahan dalam pembuatan surat-surat dinas;
  5. Memeriksa, meneliti surat-surat yang dibuat bawahan sebelum diteruskan sesuai dengan jenjang struktur organisasi;
  6. Memberikan penilaian kepada bawahan yang dicantumkan dalam DP3;
  7. Memberikan penerangan/ informasi kepada masyarakat yang akan melakukan Pendaftaran perusahaan;
  8. Memberikan penerangan dan penyuluhan kepada masyarakat dunia usaha tentang wajib Daftar Perusahaan;
  9. Membuat rencana kerja informasi/ penyuluhan;
  10. Memberikan informasi kepada dunia usaha/ masyarakat tentang wajib Daftar Perusahaan;
  11. Melaporkan kegiatan kerja Seksi Informasi Perusahaan secara bulanan, triwulan atau insidentil;
  12. Melaksanakan pengarsipan hasil penyuluhan Wajib Daftar Perusahaan;
  13. Melaksanakan tugas-tugas kedinansan lainnya yang diberikan oleh atasan


DAFTAR URUTAN KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

No. Nama NIP Pangkat Jabatan Masa Kerja Latihan Jabatan Pendidikan Tempat Tanggal Lahir Keterangan
Gol/Ruang TMT Nama/Eselon TMT Tahun Bulan Nama Tahun Jml Jam Sekolah Thn Lulus Ijasan