Profil Dinas Kesehatan

Visi dan Misi Dinas Kesehatan

VISI :

Visi  Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat ditetapkan dengan berpayung pada Visi Pemerintah Kabupaten Lahat yang berbunyi :

 

“TERWUJUDNYA MASYARAKAT SEHAT MANDIRI MENUJU KABUPATEN LAHAT SEJAHTERA”

 MISI :

Untuk  mencapai visi yang telah ditetapkan, maka visi tersebut dijabarkan dalam Misi Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Mutu dan Jangkauan Pelayanan Kesehatan Masyarakat
  2. Meningkatkan Kualitas Lingkungan dan Pencegahan Penyebaran Penyakit
  3. Meningkatkan Kualitas Kesehatan dan Daya Tahan Terhadap Penyakit
  4. Meningkatkan Jangkauan Kemandirian Masyarakat untuk Hidup Sehat



Struktur Organisasi Dinas Kesehatan


Tupoksi Dinas Kesehatan

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KESEHATAN

 

 

 

  1. Kepala DInas mempunyai tugas pokok melaksanakan program  dan kegiatan dibidang kesehatan sesuai dengan kebijakan yang digariskan oleh Bupati berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan petunjuk pelaksanaannya.

 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala DInas mempunyai fungsi :

 

a.

Memimpin kegiatan Dinas dan urusan kesekretariatan serta bidang yang ada dalam lingkungannya sesuai dengan tugas yang diberikan oleh Bupati.

 

b.

Penyusunan visi, misi, dan rencana strategis Dinas.

 

c.

Perumusan, penjabaran dan pelaksanaan kebijakan operasionall pembangunan daerah dibidang kesehatan.

 

d.

Penyelenggaraan usaha-usaha pembinaan terhadap pelaksanaan bantuan baik bersumber dari pemerintah atau swasta.

 

e.

Pelaksanaan komunikasi, konsultasi dan kerjasama dengan unsur pemerintah Kabupaten dan instansi serta masyarakat dalam usaha pelaksanaan tugas dan fungís.

 

f.

Evaluasi dan pelaporan.

 

g.

Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

 

 

 

 

  1. Sekretaris mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan administrasi yang meliputi pengelolaan surat menyurat, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan administrasi kerumahtanggaan serta mengkoordinasikan penyusunan program dan anggaran serta penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu.

 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretariat mempunyai fungsi :

 

a.

Penyusunan kebijakan teknis dibidang ketatausahaan.

 

b.

Pelaksanaan urusan administrasi surat menyurat dan kearsipan.

 

c.

Pengelolaan urusan keuangan.

 

d.

Pengelolaan urusan administrasi kepegawaian.

 

e.

Pengelolaan urusan perlengkapan dan kerumahtanggaan.

 

f.

Evaluasi dan pelaporan.

 

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Sekretariat sebagai berikut :

 

a.

Menyusun rencana program kerja dan kegiatan kesekreatariatan untuk diusulkan kepada Kepala Dinas.

 

b.

Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Sub bagian-Sub Bagian yang dibawahinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

 

c.

Menyelenggarakan kegiatan rekapitulasi program kerja dan kegiatan serta anggaran tahunan dinas.

 

d.

Mempelajari dan menindaklanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas.

 

e.

Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap Kepala Sub Bagian dan Staf dibawahnya.

 

f.

Mengkoreksi dan memerintahkan perbaikan konsep naskah dinas yang diajukan oleh Kepala Sub Bagian yang dibawahnya.

 

g.

Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.

 

h.

Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan administrasi umum.

 

i.

Menyelenggarakan urusan kerumahtanggaan dinas dan pelayanan administrasi terhadap satuan-satuan kerja dilingkungan dinas.

 

j.

Menyelenggarakan pengadaan , pemeliharaan dan perawatan peralatan dan barang inventaris dinas.

 

k.

Menyelenggarakan pembinaan dan pengelolaan administrasi kepegawaian.

 

l.

Menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan dinas.

 

m.

Mengevaluasi dan menyusun serta menyampaikan laporan pelaksanaan tugas Sekretariat kepada Kepala Dinas secara berkala.

 

n.

Menyusun laporan pertanggungjawaban Kepala Dinas Kepada Bupati.

 

o.

Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan protokoler dan kehumasan dilingkungan dinas.

 

p.

Melaksanakan koordinasi kegiatan ketatausahaan dengan perangkat Daerah lainnya atau instansi lain yang terkait.

 

q.

Menyelenggarakan pengaturan dalam rangka memelihara kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan lingkungan dan gedung kantor Dinas.

 

r.

Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.

 

s.

Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang talah dicapai sebagaii bahan peningkatan karir.

 

t.

Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.

 

u.

Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.

 

v.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.

 

 

 

 

(1)  Sub Bagian Penyusunan Program, mempunyai tugas pokok merumuskan dan menyusun rencana program, kegiatan dan anggaran serta evaluasi dibidang kesehatan.

 

 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai fungsi :

 

 

a.

Penyusunan rencana  program kerja dan kegiatan dibidang kesehatan.

 

 

b.

Pengendalian dan pengawasan pelaksanaan program-program dibidang kesehatan.

 

 

c.

Penyusunan rekapitulasi program kerja dan kegiatan serta anggaran dibidang kesehatan.

 

 

d.

Pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan dibidang kesehatan.

 

 

e.

Penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan dibidang kesehatan.

 

 

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas tersebut Sub Bagian Penyusunan Program sebagai berikut :

 

 

a.

Menyusun rencana program kerja dan kegiatan serta anggaran dibidang kesehatan.

 

 

b.

Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf agar melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas.

 

 

c.

Merekapitulasi hasil pelaksanaan program dan kegiatan serta anggaran dibidang kesehatan.

 

 

d.

Mengolah dan menyusun hasil penelitian pelaksanaan kegiatan dan program dibidang kesehatan.

 

 

e.

Melakukan evaluasi pembinaan, peningkatan dan pengembangan dibidang kesehatan.

 

 

f.

Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

 

g.

Melaksanakan pengumpulan dan pengelolaan data dan informasi guna pembuatan laporan.

 

 

h.

Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.

 

 

i.

Memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

j.

Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.

 

 

k.

Melaksanakan tugas-tuigas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

 

 

(2)  Sub Bagian Tata Usaha, mempunyai tugas pokok melaksanakan kegiatan-kegiatan administrasi surat menyurat, administrasi kepegawaian, kearsipan, kepustakaan dan dokumentasi, keprotokolan , hukum dan organisasi, hubungan masyarakat dan urusan rumah tangga.

 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Tata Usaha mempunyai fungsi :

 

 

a.

Penyusunan rancanngan program kerja dan kegiatan Sub Bagian Tata Usaha

 

 

b.

Penyusunan rumusan kebijakan teknis dibidang administrasi umum.

 

 

c.

Pelaksanaan kegiatan penghimpunan bahan-bahan dan penyusunan konsep rancangan program kerja dan kegiatan Dinas.

 

 

d.

Pelaksanaaan kegiatan-kegiatan ketatausahaan dan kearsipan, kerumahtanggaan.

 

 

e.

 Evaluasi dan pelaporan.

 

 

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebgaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Sub Bagian Tata Usaha sebagai berikut :

 

 

a.

Menyusun rencana program kerja dan kegiatan Sub Tata Usaha.

 

 

b.

Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf.

 

 

c.

Menyelenggarakan urusan adminitrasi surat menyurat meliputi :

  1. Menerima dan membukukan serta mengklarisifikasi surat-surat masuk
  2. Mendistribusikan surat-surat masuk serta didisposisi Kepala Dinas atau Seketaris.
  3. Memantau surat-surat masuk yang sifatnya perlu penanganan segera.
  4. Pembukuan dan pengendalian serta mendistribusikan surat-surat keluar sesuai dengan tujuan.

 

 

d.

Menyelenggarakan administrasi kepegawaian meliputi :

  1. Mengelola administrasi mutasi pegawai; kenaikan pangkat, berkala, pindah tugas, rekrutmen dan pensiun.
  2. Mengelola administri penempatan pegawai

3. Mengelola administrasi  absensi, penghargaan dan sanksi pegawai.

 

 

e.

Mengelola arsip dan kepustakaan dinas meliputi :

  1. Menyiapkan tempat menyimpan arsip dan kepustakaan.
  2. Mengatur, menyimpan dan memelihara dokumen kearsipan, baik arsip yang masih aktif maupun arsip yang inaktif.
  3. Menyiapkan pelaksanaan pemusnahan arsip-arsip yang sudah melewati jangka waktu, melayani peminjaman bahan kearsipan.

 

 

f.

Melaksanakan Urusan Perjalanan Dinas yang meliputi :

  1. Menyiapkan usul surat perintah tugas dan surat perjalanan dinas.
  2. Menghimpun pelaporan hasil perjalanan dinas.
  3. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Keuangan.

 

 

g.

Urusan Rumah Tangga Dinas meliputi :

  1. Menyampaikan keperluan rapat, upacara dan keprotokolan.
  2. memelihara kebersihan, keindahan dan keamanan..

 

 

h.

Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai, sebagai bahan peningkatan karir.

 

 

i.

Memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam bidang tugasnya.

 

 

j.

Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.

 

 

k.

Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.

 

(3)  Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan mempunyai tugas pokok melaksanakan administrasi perbendaharaan, akuntansi, verifikasi, ganti rugi, tindak lanjut LHP dan urusan perlengkapan.

 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan mempunyai fungsi :

 

 

a.

Penyusunan rancangan program kerja dan kegiatan bagian keuangan dan perlengkapan.

 

 

b.

Pengelolaan urusan administrasi keuangan.

 

 

c.

Pengadaan dan pengelolaan urusan administrasi perlengkapan.

 

 

d.

Penyusunan rencana anggaran pembiayaan.

 

 

e.

Penyelenggaraan verifikasi, perbendaharaan dan pembukuan akuntansi.

 

 

f.

Penyiapan dan penghimpunan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis mengenai hasil pemeriksaan verifikasi terhadap pertanggungjawaban keuangan.

 

 

g

Evaluasi dan pelaporan.

 

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan sebagai berikut :

 

 

a.

Menyusun rancangan program kerja dan kegiatan Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan.

 

 

b.

Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf.

 

 

c.

Menyusun rencana anggaran kerja dinas.

 

 

d.

Menyusun rencana plaafon kebutuhab anggaran dan penggunaan anggaran.

 

 

e.

Menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan kebijaksanaan, pedoman dan petunjuk teknis mengenai hasil pemeriksaan/ verifikasi terhadap pertanggungjawaban keuangan.

 

 

f.

Menyusun daftar permintaan Surat Penyediaan Dana (SPD) untuk diserahkan kepada Bendahara Umum Daerah berdasarkan permintaan UP/GU/TU dan LS.

 

 

g.

Meneliti kelengkapan administrasi setiap pengajuan dan atau permintaan pembayaran yang diajukan baik oleh PPTK maupun Pihak Ketiga sebelum mendapatkan persetujuan dari Kepala SKPD.

 

 

h.

Meneliti keabsahan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) yang dibuat oleh Bendahara Pengeluaran baik yang diajukan oleh PPTK maupun Pihak Ketiga.

 

 

i.

Menyiapkan penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM) yang ditandatangani oleh Kepala SKPD didasarkan pada SPP yang diajukan oleh Bendahara Pengeluaran.

 

 

j.

Meneliti laporan pengesahan penggunaan anggaran yang dibuat oleh Bendahara Pengeluaran untuk mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran belanja baik melalui GU/TU dan LS sebelum diajukan Kepala SKPD.

 

 

k.

Menyiapkan dan meneliti laporan keuangan baik berupa buku kas umum, jurnal, buku besar dan bentuk laporan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

 

l.

Membuat estimasi tahun bersangkutan baik pengeluaran anggaran maupun penerimaan daerah yang berasal dari pemerimaan retribusi.

 

 

m.

Menyusun laporan keuangan tahunan berupa jurnal, buku besar, neraca lajur dan neraca akhir serta melakukan analisa laporan keuangan yang dituangkan dalam laporan keuangan per 31 Desenter tahun yang bersangkutan.

 

 

n.

Menyelenggarakan kegiatan perbendaharaan verifikasi dan pembukuan/ akuntansi.

 

 

o.

Meneliti dan memeriksa Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) sesuai dengan buku pengendalian SPJ.

 

 

p.

Mengikuti perkembangan pelaksanaan anggaran rutin maupun anggaran pembangunan.

 

 

q.

Penyelenggaraan administrasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD).

 

 

r.

Melakukan pengadaan dan pemeliharaan perlengkapan kantor dan kendaraan dinas, meliputi :

  1. menyusun Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU).
  2. Mengadakan penelitian keperluan gedung kantor.
  3. Mengadakan pendataan kendaraan dinas.
  4. Mengadministrasikan penerimaan, pengeluaran barang milik Negara dan barang milik Daerah.
  5. Melakukan pemeliharaan barang inventaris.
  6. Melakukan usulan penghapusan barang.

 

 

s.

Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait, untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

 

t.

Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai, sebagai bahan peningkatan karir.

 

 

u.

Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Sekretaris tentang langkah-langkahdan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya.

 

 

v.

Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.

 

 

w.

Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

 

 

  1. Bidang Pelayanan Kesehatan, mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan dan pengembangan manajemen pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang bermutu.

 

 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), bidang pelayanan kesehatan mempunyai fungsi :

 

 

a.

Penyusunan rencanan program dah petunjuk teknis dibidang pelayanan kesehatan.

 

 

b.

Pelaksanaan program dan petunjuk teknik dibidang pelayanan kesehatan.

 

 

c.

Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pelayanan kesehatan.

 

 

d.

Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas .

 

 

e.

Pelaksanaan koordinasi dan kerja sama dengan lembaga/instansi lain dibidang pelayanan kesehatan.

 

 

f.

Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh  Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Bidang Pelaynanan Kesehatan ádalah sebagaii berikut :

 

 

a.

Menyusun rencana program dan kegiatan dibidang pelayanan kesehatan.

 

 

b.

Membagi tugas dan memberikan petunjuk lepada Seksi-Seksi yang dibawahi sesuai dengan tugas pokok dan fungís.

 

 

c.

Menyelenggarakan kegiatan rekapitulasi program kerja dan kegiatan  serta anggaran tahunan Kepala Dinas.

 

 

d.

Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas.

 

 

e.

Membina, memotivasi dan melakukan  pengawasan melekat terhadap para Kepala Seksi dan staff yang dibawahinya.

 

 

f.

Mengoreksi dan memerintahkan perbaikan konsep naskah dinas yang diajukan oleh para Kepala Seksi yang dibawahinya.

 

 

g.

Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.

 

 

h.

Mengkoordinir, mengelola, mengendalikan dan mengawasi penyelenggaraan upay kesehatan dasar termasuk komonitas.

 

 

i.

Mengkoordinir, mengelola, mengendalikan dan mengawasi mutu pelayanan kesehatan reproduksi yang meliputi kesehatan Ibu, anak, usia lanjut serta keluarga berencana.

 

 

j.

Mengkoordinir, mengelola, mengendalikan dan mengawasi status gizi masyarakat dan pengembangan sistem kewaspadaan pangan dan gizi

 

 

k

Mengkoordinir, mengelola, mengendalikan dan mengawasi palayanan kesehatan rujukan dan spesialitik.

 

 

l.

Mengkoordonasi, mengelola, mengendalikan dan mengawasi kegiatan sosial.

 

 

m.

Mengkoordonasi, mengelola, mengendalikan dan mengawasi upaya kesehatan khusus meliputi kesehatan gigi mulut, kesehatan mata, kesehatan jiwa, kesehatan olahraga, kesehatan kerja, perawatan, kesehatan masyarakat, laboratorium, kesehatan haji dan sekolah kesehatan.

 

 

n.

Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untku kelancaran pelaksanaan tugas.

 

 

o.

Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang pelayanan kesehatan.

 

 

p.

Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.

 

 

q.

Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

r.

Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.

 

 

s.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.

 

 

 

 

(1)  Seksi Kesehatan Dasar, mempunyai tugas pokok melaksanakan peningkatan mutu pelayanan kesehatan ibu, anak, usia lanjut, kesehatan reproduksi dan keluarga berencana serta status gizi masyarakat dan mengembangkan sistem kewaspadaan pangan dan gizi.

 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Kesehatan Dasar mempunyai fungsi :

 

 

a.

Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang Kesehatan Dasar

 

 

b.

Pelaksanaan program dan petunjuk teknis di bidang Kesehatan Dasar

 

 

c.

Pengawasan, pembinaan dan pengendalian di bidang Kesehatan Dasar

 

 

d.

Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

 

 

e.

Pelaksanaan koordinasi dan verja sama dengan lembaga/ instansi lain di bidang kesehatan dasar.

 

 

f.

Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Kesehatan Dasar adalah sebagai berikut :

 

 

a.

Menyusun rencana program kerja dan kegiatan di bidang Kesehatan Dasar.

 

 

b.

Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

 

 

c.

Mempelajari dan menindaklanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

 

d.

Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.

 

 

e.

Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya

 

 

f.

Mengkoordinir, mengelolah, mengendalikan dan mengawasi mutu pelayanan Kesehatan Dasar.

 

 

g.

Mengkoordinir, mengelolah, mengendalikan dan mengawasi mutu pelayanan kesehatan reproduksi meliputi kesehatan ibu, bayi, balita, anak pra sekolah, remaja dan usia lanjut.

 

 

h.

Mengkoordinir, mengelolah, mengendalikan dan mengawasimutu pelayanan keluarga berencana.

 

 

i.

Mengkoordinir, mengelolah, mengendalikan dan mengawasi perbaikan gizi keluarga dan masyarakat meliputi sistem kewaspadaan pangan dan gizi, bina konsumsi pangan dan gizi, gizi institusi, usaha perbaikan gizi keluarga

 

 

j.

Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

 

k.

Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan di bidang Kesehatan Dasar.

 

 

l.

Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karier.

 

 

m.

Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang dan tugasnya.

 

 

n.

Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.

 

 

o.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

 

 

 

(2)  Seksi Kesehatan Rujukan, mempunyai tugas pokok melaksanakan peningkatan mutu pelayanan kesehatan rujukan milik pemerintah dan swasta.

 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi Kesehatan Rujukan mempunyai fungsi :

 

 

a.

Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang Kesehatan Rujukan.

 

 

b.

Pelaksanaan program dan petunjuk teknis di bidang Kesehatan Rujukan.

 

 

c.

Pengawasan, pembinaan dan pengendalian di bidang Kesehatan Rujukan.

 

 

d.

Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

 

 

e.

Pelaksanaan koordinasi dan verja sama dengan lembaga/ instansi lain di bidang kesehatan Rujukan.

 

 

f.

Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Kesehatan Rujukan adalah sebagai berikut :

 

 

a.

Menyusun rencana program kerja dan kegiatan di bidang Kesehatan rujukan.

 

 

b.

Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

 

 

c.

Mempelajari dan menindaklanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

 

d.

Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya.

 

 

e.

Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya

 

 

f.

Mengkoordinir, mengelolah, mengendalikan dan mengawasi mutu pelayanan Kesehatan rujukan dan spesialis

 

 

g.

Membina dan mengawasi Rumah Sakit, spesialistik dan sistem rujukan.

 

 

h.

Mengkoordinir, mengelola, mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan kegiatan sosial dibidang kesehatan yang dilaksanakan oleh suatu organisasi maupun perorangan.

 

 

i.

Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas

 

 

j.

Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang kesehatan rujukan

 

 

k.

Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir

 

 

l.

Memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

m.

Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas

 

 

n.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh kepala bidang.

 

 

 

 

(3)  Seksi Kesehatan Khusus, mempunyai tugas pokok mempunyai tugas poko melaksanakan peningkatan mutu kesehatan khusus meliputi program kesehatan gigi, mulut, mata, jiwa, olah raga, kesehatan kerja, perawatan kesehatan masyarakat, laboratorium dan kesehatan haji serta sekolah kesehatan.

 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi Kesehatan Khusus memepunyai fungsi :

 

 

a.

Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang kesehatan khusus.

 

 

b.

Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang kesehatan khusus

 

 

c.

Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang kesehatan khusus

 

 

d.

Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas

 

 

e.

Pelaksanaan koordinasi dan kerja sama dengan lembaga/instansi lain dibidang kesehatan khusus.

 

 

f.

Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagiaman dimaksud pada ayat (1) dan (2) uraian tugas Kepala Seksi Kesehatan Khusus adalah sebagai berikut :

 

 

a.

Menyusuan rencana program kerja dan kegiatan kesehatan khusus

 

 

b.

Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staff sesuai dengan tugas pkok dan fungís

 

 

c.

Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala BIdang

 

 

d.

Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap staf yang dibawahinya

 

 

e.

Memaraf atau menandatangani nazca dinas sesuai dengan kewenangannya


DAFTAR URUTAN KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

No. Nama NIP Pangkat Jabatan Masa Kerja Latihan Jabatan Pendidikan Tempat Tanggal Lahir Keterangan
Gol/Ruang TMT Nama/Eselon TMT Tahun Bulan Nama Tahun Jml Jam Sekolah Thn Lulus Ijasan