Profil Dukcapil

Visi dan Misi Dinas Dukcapil

VISI dan MISI

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lahat

Untuk mendukung VISI Kabupaten Lahat tersebut disusun VISI dan MISI Dinas Kependudukan  dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lahat untuk Tahun 2013-2018.

 

VISI  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah :

Terwujudnya,  Pelayanan  Prima  Menuju  Tertip  Administrasi  Kependudukan  dan  Pencatatanan  Sipil  Tahun  2018.”

 

Sedangkan MISI nya adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan Penataan Kependudukan yang baik
  2. Mewujudkan data base Kependudukan yang akurat,valit dan dapat dipertanggung jawabkan
  3. Mewujudkan tatanan pelayanan
  4. Mewujudkan pendataan kelengkapan sarana dan prasarana



Struktur Organisasi Dinas Dukcapil

 

PROFIL BIODATA SINGKAT PEJABAT

 

1.

Nama

:

YOHN TITO, SH, MM

 

NIP

:

19610525 199403 1 004

 

Pangkat/Golongan

:

PEMBINA TK. I/ IV.b

 

Jabatan

:

KEPALA DINAS

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

e-Mail

:

yohntito@gmail.com

 

Telp/HP

:

082179633687

 

 

 

 

2.

Nama

:

SAPARUDIN, S.Sos, MM

 

NIP

:

19620206 198503 1 003

 

Pangkat/Golongan

:

PEMBINA TK. I/ IV.b

 

Jabatan

:

SEKRETARIS

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

Telp/HP

:

085758731236

 

 

 

 

3.

Nama

:

ALI HAMZAH, SE

 

NIP

:

19591115 198502 1 001

 

Pangkat/Golongan

:

PEMBINA/ IV.a

 

Jabatan

:

KABID PENGEMBANGAN, PENYERASIAN KEBIJAKAN DAN

PERENCANAAN KEPENDUDUKAN

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

e-Mail

:

ALIHAMZAH:15111959@GMAIL.COM   

 

Telp/HP

:

082327592759

 

 

 

 

4.

Nama

:

ZATIMUDDIN, S.Sos

 

NIP

:

19651004 199003 1 011

 

Pangkat/Golongan

:

PEMBINA/ IV.a

 

Jabatan

:

KABID PENCATATAN SIPIL

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

Telp/HP

:

082176797683 / (0731) 322542

 

 

 

 

5.

Nama

:

TABRANI

 

NIP

:

19611010 198503 1 016

 

Pangkat/Golongan

:

PEMBINA/ IV.a

 

Jabatan

:

KABID PENDAFTARAN PENDUDUK

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

Telp/HP

:

085669550969

 

 

 

 

6.

Nama

:

SARIZALDANA, SE

 

NIP

:

19600929 198503 1 007

 

Pangkat/Golongan

:

PEMBINA/ IV.a

 

Jabatan

:

KABID PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

Telp/HP

:

081373458632

 

 

 

 

7.

Nama

:

TUSDI ALSON

 

NIP

:

19580824 198410 1 001

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK. I/ III.d

 

Jabatan

:

KASI PENGAWAS DAN PENYIDIK DOKUMEN PENDAFTARAN PENDUDUK

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

Telp/HP

:

081367024679

 

 

 

 

8.

Nama

:

IDHAM KHALID,SE

 

NIP

:

196412311991041001

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA III/c

 

Jabatan

:

KASI IDENTITAS PENDUDUK

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

Telp/HP

:

081367651968 / 081272054703

 

 

 

 

9.

Nama

:

ABDURROZI,SE

 

NIP

:

197403221996031001

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA III/c

 

Jabatan

:

KASI PINDAH DATANG PENDUDUK

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

e-Mail

:

abdurrozi94@gmail.com

 

Telp/HP

:

085378181694

 

 

 

 

10.

Nama

:

MULGIONO

 

NIP

:

195904121986031008

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK.I III/d

 

Jabatan

:

KASI JARINGAN DAN KOMUNIKASI DATA

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

Telp/HP

:

085267638054

 

 

 

 

11.

Nama

:

HJ. NOVITA ANGGARINI,SE.MM

 

NIP

:

197411212001122001

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK.I III/d

 

Jabatan

:

KASI PENGELOLAAN DAN PENYAJIAN DATA

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

Telp/HP

:

081367768880

 

 

 

 

12.

Nama

:

ZUL HERDIANSYAH,S.Kom

 

NIP

:

197602132003121001

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA  III/c

 

Jabatan

:

KASI JARINGAN DAN KOMUNIKASI DATA

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

e-Mail

:

zherdiansyah@yahoo.com

 

Telp/HP

:

081273782299

 

 

 

 

13.

Nama

:

MUSTALAMUSNI

 

NIP

:

19701119 199402 1 001

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK. I/ III.d

 

Jabatan

:

KASI PERENCANAA KEPENDUDUKAN DAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

e-Mail

:

dwileon45@yahoo.co.id

 

Telp/HP

:

081930323633

 

 

 

 

14.

Nama

:

PIPIN HARIATI

 

NIP

:

19610901 198301 2 003

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK.I/ III.d

 

Jabatan

:

KASI PENYERASIAN KEBIJAKAN PENDUDUK

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

e-Mail

:

hariati.pipin@yahoo.com

 

Telp/HP

:

081368343602

 

 

 

 

15.

Nama

:

RADEN AYU FAUZIAH, SE

 

NIP

:

197661001 198710 2 001

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK.I/ III.d

 

Jabatan

:

KASI PENGEMBANGAN KEPENDUDUKAN

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

Telp/HP

:

085381787778

 

 

 

 

16.

Nama

:

MARLENI, SE

 

NIP

:

19740313 200604 2 013

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA/ III.c

 

Jabatan

:

KASI PERKAWINAN DAN PERCERAIAN

 

Jenis Kelamin

:

PERMPUAN

 

Telp/HP

:

0731) 323406/ 081273378261

 

 

 

 

17.

Nama

:

MAYA KARYANI, SE

 

NIP

:

19710530 200701 2 005

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA III/c

 

Jabatan

:

KASI KELAHIRAN DAN KEMATIAN

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

e-Mail

:

mayakaryani@yahoo.com

 

Telp/HP

:

085273822625

 

 

 

 

18.

Nama

:

EVRI YENI, SH, MM

 

NIP

:

19740213 200701 2 005

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA/ III.c

 

Jabatan

:

KASI PENGAWASAN DAN PENYIDIKAN DOKUMEN PENCATATAN SIPIL

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

Telp/HP

:

085268606555

 

 

 

 

19.

Nama

:

ABDUL RUSIN, S.Sos

 

NIP

:

19590731 198503 1 005

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK I/III.d

 

Jabatan

:

KASUBAG KEUANGAN

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

e-Mail

:

AbdulRusin59@gmail.com

 

Telp/HP

:

085267708909

 

 

 

 

20.

Nama

:

ILIA SURYANTI, SE

 

NIP

:

19761002 200604 2 009

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA MUDA. TK. I/   III/b

 

Jabatan

:

KASUBAG UMUM

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

Telp/HP

:

085267343876

 

 

 

 

21.

Nama

:

ASTRI YUNITA SULISTIANI, SE

 

NIP

:

19830619 200701 2 002

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA/ III.c

 

Jabatan

:

KASUBAG KEPEGAWAIAN

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

e-Mail

:

arinibunga26@gmail.com

 

Telp/HP

:

08127870918

 

 

 

 

 

 

 

 

22.

Nama

:

SUTARNI

 

NIP

:

19580606 198603 1 014

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA   III/c

 

Jabatan

:

KEPALA UPTD DUKCAPIL KEC. KOTA AGUNG, MULAK ULU DAN TANJUNG TEBAT

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

Telp/HP

:

081367132095

 

 

 

 

23.

Nama

:

ASMADI JAYA

 

NIP

:

19650416 198603 1 007

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK. I/ III.d

 

Jabatan

:

KEPALA UPTD DUKCAPIL KEC. KIKIM TIMUR DAN TENGAH

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

Telp/HP

:

085267819511

 

 

 

 

24.

Nama

:

DENI EFLINIARDO MUCHTAR, SE, M.Si

 

NIP

:

19860707 200604 1 005

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA/ III.c

 

Jabatan

:

KEPALA UPTD DUKCAPIL KEC. PULAU PINANG, PAGUN  DAN GUMAY ULU

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

Telp/HP

:

082372216665

 

 

 

 

25.

Nama

:

SARMAWATI

 

NIP

:

19591023 198303 2 002

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK.I/  III/d

 

Jabatan

:

KEPALA UPTD DUKCAPIL KEC. KIKIM SELATAN DAN KIKIM BARAT

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

Telp/HP

:

085382416759

 

 

 

 

26.

Nama

:

SUSPINI HAWER

 

NIP

:

19620512 198312 1 002

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK.I/  III/d

 

Jabatan

:

KEPALA UPTD DUKCAPIL KEC. TJ. SAKTI PUMU DAN TJ. SAKTI PUMI

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

Telp/HP

:

082176041347 / 085768410053

 

 

 

 

27.

Nama

:

MARIANAH, SE

 

NIP

:

19621121 199503 2 004

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK.I/  III/d

 

Jabatan

:

KEPALA UPTD DUKCAPIL KEC. LAHAT, GUMAY TALANG DAN PSEKSU

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

Telp/HP

:

085367675122

 

 

 

 

28.

Nama

:

IRWAN SUGANDI

 

NIP

:

19640805 198603 1 015

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK.I/  III/d

 

Jabatan

:

KEPALA UPTD DUKCAPIL KEC. JARAI, MUARA PAYANG, PAJAR BULAN 

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

Telp/HP

:

081367261300

 

 

 

 

29.

Nama

:

SUKIRNO

 

NIP

:

19611203 199002 1 001

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA TK.I/   III/d

 

Jabatan

:

KEPALA UPTD DUKCAPIL KEC. MERAPI BARAT, TIMUR

DAN SELATAN

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

Telp/HP

:

081278494586

 

 

 

 

30.

Nama

:

RUSILAWATI

 

NIP

:

19680508 199203 2 009

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA   III/c

 

Jabatan

:

KASUBAG TU UPTD DUKCAPIL KEC. LAHAT, GUMAY TALANG DAN PSEKSU

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

Telp/HP

:

081933382923

 

 

 

 

31.

Nama

:

AFFAN AGUS, SE

 

NIP

:

19780814 200701 1 004

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA MUDA TK.I/  III/b

 

Jabatan

:

KASUBAG TU UPTD DUKCAPIL KEC. KIKIM TIMUR DAN              KIKIM TENGAH

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

Telp/HP

:

08117108473

 

 

 

 

32.

Nama

:

AMSAR REWEN SIAGIAN

 

NIP

:

19640921 199103 1 004

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA   III/c

 

Jabatan

:

KASUBAG TU UPTD DUKCAPIL KEC. MERAPI BARAT, TIMUR DAN SELATAN

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

Telp/HP

:

81273669944

 

 

 

 

33.

Nama

:

IZHAR HARYADI, SE

 

NIP

:

19770711 200801 1 006

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA MUDA  III/a

 

Jabatan

:

KASUBAG TU UPTD DUKCAPIL KEC. PULAU PINANG,  PAGUN DAN GUMAY ULU

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

Telp/HP

:

082180055499

 

 

 

 

34.

Nama

:

TERA DIARTI, SE

 

NIP

:

19831201 201001 2 003

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA MUDA  III/a

 

Jabatan

:

KASUBAG TU UPTD DUKCAPIL KEC. TANJUNG SAKTI  PUMU DAN PUMI

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

Telp/HP

:

082185720453

 

 

 

 

35.

Nama

:

MUSTAFA KAMAL

 

NIP

:

19620605 198203 1 008

 

Pangkat/Golongan

:

PENATA MUDA   III/a

 

Jabatan

:

KASUBAG TU UPTD DUKCAPIL KEC. KIKIM SELATAN DAN KIKIM BARAT

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

Telp/HP

:

081373173778

 

 

 

 


Tupoksi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

NAMA DAN ALAMAT LENGKAP  SKPD

 

Nama Kantor (SKPD)

:

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Alamat

:

Jalan Kolonel H. Barlian Bandar Jaya Lahat

e-mail

:

dukcapil@lahatkab.go.id

Telp

:

0731 - 321822

Foto/Gambar

:

Kantor

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

  1. Mengelola urusan kepegawaian, keuangan dan umum;
  2. Melakukan penyelenggaraan pelayanan pendaftaran penduduk;
  3. Melakukanpenyelenggaraan pelayanan pencatatan sipil;
  4. Melakukan penyelenggaraan pelayanan pengelolaan informasi administrasi kependudukan;
  5. Melakukan penyelenggaraan pengendalian kuantitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas penduduk dan penyebaran penduduk serta perlindungan penduduk;
  6. Melakukan penyerasian dan harmonisasi kebijakan kependudukan antar dan dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah;
  7. Menyusun perencanaan pembangunan berbasis penduduk;
  8. Melakukan koordinasi lintas instansi pemerintah dan non pemerintah;
  9. Penyusunan rumusan dan penjabaran kebijakan teknis pemberian bimbingan dan penyuluhan dibidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  10. Melaksanakan bimbingan teknis;
  11. Menyediakan perangkat keras dan perlengkapannya sampai jaringankomunikasi data;
  12. Pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK);
  13. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan olehBupati Lahat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Tugas Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil :

  1. Melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan;
  2. Melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian dan urusan umum;
  3. Melaksanakan pengelolaan urusan RT, perlengkapan dan perawatan;
  4. Melaksanakan pengelolaan urusan surat menyurat dan kearsipan;
  5. Melaksanakan pengelolaan administrasi pengadaan dan pemeliharaan perlengkapan kantor;
  6. Mengkoordinir bidang-bidang lain;
  7. Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan.

 

Tugas Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kerja dan program sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan yang telah ditetapkan sesuai dengan bidangtugasnya;
  2. Mencari, menghimpun dan mengevaluasi permasalahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  3. Melaksanakan urusan surat menyurat;
  4. Melaksanakan urusan kearsipan;
  5. Melaksanakan pengetikan dan pengadaan surat& naskah dinas lainnya;
  6. Melaksanakan urusan perlengkapan;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang  tugasnya;

 

Kepala Sub Bagian Kepegawaian,  mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan urusan mutasi, absensi, kenaikan pangkat pegawai dan urusan kepegawaian lainnya;
  2. Menilai perestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagaibahan peningkatan karir ;
  3. Menyiapkan laporan pelaksanaan tugas;
  4. Meningkatkan sumber daya manusia pegawai;
  5. Melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian;
  6. Pembinaan dan pengembangan SDM pengelola informasi administrasi kependudukan dan pencatatan sipil;
  7. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Kepala Sub Bagian Keuangan,  mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan kegiatanadministrasi keuangan berdasarkan perundang-undangan yan berlaku;
  2. Menyiapkan bahan-bahan dalam rangka penyusunan daftar usulan kegiatan dan daftar isian kegiatan;
  3. Menyiapkan dan mengurus surat permintaan pembayaran;
  4. Melaksanakan pembukuan keuangan belanja secara sistematis sesuai denganperaturan  dan petunjuk yang berlaku;
  5. Menyusun daftar gaji dan tunjangan serta melaksanakan pembayarannya;
  6. Melaksanakan penerimaan dan penyampaian pembayaran uang untuk keperluan dinas;
  7. Menyimpan dan mengurus bukti-bukti kas, menyusun posisi dan komposisi kas secara berkala;
  8. Melakukan pemeliharaan dan bimbingan dalam hal administrasi keuangan;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dibidang tugasnya.

 

Tugas Kepala Bidang Pendaftaran pendudukan :

  1. Melaksanakanpemberian Identitas Penduduk;
  2. Melaksanakan Pelayanan Pindah Datang Penduduk;
  3. Melaksanakan  pendokumentasi;
  4. Melaksanakan Pengawasan;
  5. Melaksanakan penyidikan dokumen hasil pendaftaran penduduk;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Identitas Penduduk,  mempunyai tugas:

  1. Melakukan pencatatan dan pemutakhiran Biodata Penduduk;
  2. Melakukan pencatatan pelaporan permohonan  KK;
  3. Melakukan pencatatan pelaporan permohonan KTP;
  4. Melakukan penertiban Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  5. Melakukan penertiban KK;
  6. Melakukan  penertiban KTP;
  7. Melakukan pelayanan perubahan alamat pada KK dan KTP;
  8. Melaksanakan  tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan  bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Pindah Datang Penduduk,  mempunyai  tugas :

  1. Melakukan  pelayanan pelaporan dan pencatatan pindah datang penduduk WNI;
  2. Melakukan pelayanan pelaporan dan pencatatan pindah datang penduduk orang asing yang mempunyai izin tinggal tetap;
  3. Melakukan pelayanan pelaporan dan pencatatan orang asing tinggal sementara;
  4. Melakukan pelayanan pelaporan dan pencatatan pindah datang antarnegara;
  5. Melakukan penertiban surat keterangan pindah datang penduduk;
  6. Melakukan pelayanan pendataan penduduk rentan administrasi kependudukan;
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan  bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Pengawasan dan Penyidikan Dokumen Pendaftaran Penduduk,  mempunyai tugas :

  1.  Melakukan pendokumentasian hasil pendaftaran penduduk;
  2.  Melakukan pengolahan dokumen hasil pendaftaran penduduk;
  3.  Melakukan pengendalian dokumen hasil pendaftaran penduduk;
  4.  Melakukan penataan dokumen hasil pendaftaran penduduk;
  5.  Melakukan penyimpanan dokumen hasil pendaftaran penduduk;
  6.  Melakukan pelayanan dokumen hasil pendaftaran penduduk;
  7.  Melakukan pengendalian dokumen hasil pendaftaran penduduk;
  8.  Melakukan alih media terhadap dokumen hasil pendaftaran penduduk;
  9.  Melakukan pengawasan & penyidikan dokumen hasil pendaftaran penduduk
  10. Melakukan penatausahaan pendaftaran penduduk;
  11. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 Tugas Kepala Bidang Pencatatan Sipil :

  1. Melaksanakan pencatatan perkawinan penduduk non muslim;
  2. Melaksanakan perceraian penduduk non muslim;
  3. Menerima pelaporan perceraian penduduk muslim;
  4. Melaksanakan pencatatan pelaporan kelahiran;
  5. Melaksanakan pencatatan pelaporan kematian;
  6. Melaksanakan pencatatan pengakuan dan pengesahan anak;
  7. Melaksanakan pencatatan pelaporan perubahan nama dan peristiwa;
  8. Melaksanakan catatan pinggir pada akta-akta catatan sipil;
  9. Melaksanakan pendokumentasian, pengawasan dan penyidikan;
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidangnya.

 

Kepala Seksi Perkawinan Dan Perceraian,  mempunyai tugas :

  1. Melakukan pencatatan dan pelaporan perkawinan penduduk non muslim;
  2. Mendata pelaporan perkawinan penduduk yang beragama islam;
  3. Melaksanakan pencatatan dan pelaporan perceraian penduduk non muslim;
  4. Mendata pelaporan perceraian penduduk beragama islam;
  5. Melakukan pencatatan perubahan status kewarganegaraan;
  6. Melakukan pencatatan perubahan dan pembatalan akta perkawinan  penduduk non muslim;
  7. Mendata pelaporan pembatalan perceraian penduduk non muslim;
  8. Menerbitkan akta perkawinan untuk penduduk non muslim;
  9. Membuat catatan pinggir diakta perkawinan atau perceraian;
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai denganbidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Kelahiran Dan Kematian,  mempunyai tugas :

  1. Melakukan pencatatan dan pelaporan kelahiran dan kematian;
  2. Mendata pelaporan lahir mati;
  3. Melakukan pencatatan dan pelaporan pengangkatan anak;
  4. Melakukan pencatatan dan pelaporan pengakuan anak;
  5. Melakukan pencatatan dan pelaporan pengesahan anak;
  6. Melakukan pencatatan pelaporan perubahan nama dan peristiwa penting  lainnya;
  7. Menerbitkan akta kelahiran,kematian dan pengakuan anak;
  8. Membuat catatan pinggir di akta kelahiran;
  9. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan  bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Pengawasan dan Penyidikan Dokumen Pencatatan Sipil, mempunyai Tugas :

  1.   Melakukan pendokumentasian hasil pencatatan sipil;
  2.   Melakukan pengelolaan dokumen hasil pencatatan sipil;
  3.   Melakukan pengendalian dokumen hasil pencatatan sipil;
  4.   Melakukan penataan dokumen hasil pencatatan sipil;
  5.   Melakukan penyimpanan dokumen hasil pencatatan sipil;
  6.   Melakukan pelayanan dokumen hasil pencatatan sipil;
  7.   Melakukan alih media dokumen hasil pencatatan sipil;
  8.   Melakukan pengawasan dan penyidikan dokumen hasil-hasil pencatatan sipil
  9.   Melakukan penatausahaan hasil pencatatan sipil ;
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang  tugasnya.

 

 Tugas Kepala Bidang Pengolahan Informasi Administrasi Kependudukan :

  1. Melakukan pengelolaan dan penyajian data kependudukan;
  2. Menyiapkan teknologi informasi;
  3. Membangun jaringan komunikasi data;
  4. Melaksanakan pengembangan jaringan komunikasi data;
  5. Melakukan monitoring dan evaluasi teknologi informasi &jaringan Kecamatan dalam Kabupaten Lahat;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Pengelolaan dan Penyajian Data Kependudukan,  mempunyai tugas :

  1. Melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
  2. Melakukan perekaman data hasil pelayanan pendaftaran penduduk;
  3. Melakukan perekaman data hasil pelayanan pencatatan sipil;
  4. Melakukan pemutakhiran data penduduk;
  5. Membuat dan menyusun data agregat;
  6. Membuat dan menyusun data berdasarkan jenis kelamin, umur dan pekerjaan;
  7. Membuat dan menyusun penyajian desiminasi informasi penduduk;
  8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang berikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Teknologi Informasi,  mempunyai tugas :

  1. Melakukan penyusunan perencanaan penyediaan perangkat  keras dan perangkat lainya;
  2. Melakukan penyusunan perencanaan pembangunan bank data;
  3. Melakukan penyusunan perencanaan pembangunan tempat perekaman;
  4. Menangani permasalahan pada SIAK;
  5. Melakukan perlindungan data penduduk;
  6. Melakukan perlindungan data pribadi penduduk;
  7. Melakukan pengawasan atas informasi adminitrasi kependudukan;
  8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Jaringan dan Komunikasi Data,  mempunyai tugas :

       1  Melakukan pembangunan dan pengembangan jaringan komunikasi data;

       2  Melakukan pembangunan replikasi data kependudukan;

       3  Menangani permasalahan yang terjadi pada jaringan SIAK;

       4  Melakukan pemantauan terhadap jaringan;

       5  Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 Tugas Kepala Bidang Pengembangan, Penyerasian Kebijakan &Perencanaan Kependudukan:

  1. Melakukan penataan kebijakan pengembangan kependudukan;
  2. Melakukan penyerasian kebijakan kependudukan;
  3. Melakukan penataan kebijakan perencanaan kependudukan;
  4. Melaksanakan tugas-tugas lainyang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan  bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Pengembangan Kependudukan,  mempunyai tugas :

  1. Melakukan pelaksanaan kebijakan pengendalian kuantitas dan kualitas  kependudukan serta  

           pengarahan mobilitas penduduk;

        2. Melakukan pencatatan penduduk yang melakukan mobilitas yang non permanen;

        3. Melakukan pengembangan wawasan kependudukan;

        4. Menyusun profil pengembangan kependudukan;

        5. Melaksanakan pendataan dan penetapan penduduk miskin;

        6. Melaksanakan perlindungan terhadap dokumen kependudukan;

        7. Melakukan penyusunan analisis dan pelaporan pengendalian Kualitas, kuantitas dan pengarahan

            mobilitas penduduk;

        8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Penyerasian Kebijakan Kependudukan,  mempunyai tugas :

  1. Melakuan penyerasian dan harmonisasi kebijakan kependudukan antar dan dengan lembaga pemerintah dan non lembaga pemerintah;
  2. Melakukan penyusunan analisis dampak kependudukan;
  3. Melakukan penyusunan variabel penduduk miskin;
  4. Melakukan penyusunan proyeksi penduduk;
  5. Melakukan pemantuan,evaluasi dan pelaporan proyeksi penduduk,analisis dampak kependuduk dan penyerasian kebijakan kependudukan;
  6. Melakukan pengawasan proyeksi penduduk dan penyerasian kebijakan kependudukan;
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Perencanaan Kependudukan Dan Komunikasi,Informasi dan Edukasi, mempunyai tugas :

  1. Melakukan perencanaan pembangunan berbasis penduduk;
  2. Melakukan penyusunan kebijakan perencanaan kependudukan;
  3. Menyusun penilaian dan pelaporan kinerja pembangunan kependudukan secara periodik;
  4. Melakukan penyusunan indikator kependudukan;
  5. Melakukan pemantauan,evaluasi & pelaporan  indikator kependudukan;
  6. Melakukan pengawasan indikator kependudukan;
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)

Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Lahat Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tatakerja 8(delapan) UPTD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Kabupaten Lahat, yang mempunyai tugas melaksanakan kegiatan operasional program Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Wilayah Kecamatan dalam Kabupaten Lahat.

 Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dalam melaksanakan kegiatannya didukung oleh Kepala UPTD 1 (satu) orang dan Kepala Sub Bagian Tata usaha UPTD 1 (satu) orang.

 


DAFTAR URUTAN KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

No. Nama NIP Pangkat Jabatan Masa Kerja Latihan Jabatan Pendidikan Tempat Tanggal Lahir Keterangan
Gol/Ruang TMT Nama/Eselon TMT Tahun Bulan Nama Tahun Jml Jam Sekolah Thn Lulus Ijasan