Profil KBPK

Visi dan Misi Badan KBPK

Visi      :  Terwujudnya Keluarga Kecil Berkualitas

 

Misi      :

  1. Meningkatkan kualitas SDM, Penggerakan, Pemberdayaan Masyarakat dan Penggalangan kemitraan untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi serta meningkatkan ketersediaan alat dan obat kontrasepsi untuk pelayanan Keluarga Berencana secara gratis.
  3. Mempersiapkan SDM yang berkualitas sejak dalam kandungan sampai usia lanjut.
  4. Menyediakan Data dan Informasi Keluarga Berbasis data mikro untuk pengelolaan Pembangunan.



Struktur Organisasi Badan Keluaraga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga (KBPK)


Tupoksi Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluaraga (KBPK)

 

 

DASAR HUKUM PEMBENTUKAN BADAN KB DAN PK KABUPATEN LAHAT

 Perda Kabupaten Lahat Nomor : 17 Tahun 2008 tanggal 27-05-2008

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN KB DAN PK KABUPATEN LAHAT

Masing – masing jabatan mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

          1. KEPALA BADAN

              Mempunyai tugas :

  1. Memimpin Badan Keluarga Berencana Kab/Kota sesuai dengan ketentuan perundang – undangan yang berlaku
  2. Menyiapkan kebijakan operasional sesuai tugas Badan Keluarga Berencana Kab/Kota
  3. Menetapkan kebijakan teknis pelaksanaan tugas Badan KB dan PK Kab/Kota yang        menjadi tanggung jawabnya
  4. Membina dan melakukan kerjasama dengan instansi dan organisasi lain di kab/kota
  5. Mengarahan dan memberikan petunjuk kerja kepada bawahan supaya tugas – tugas               Badan terlaksana dengan baik;
  6. Merumuskan konsep sasaran suatu peraturan perundang – undangan beserta petunjuk kerja lainnya untuk pelaksanaan tugas Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga;
  7. Mengkoordinasikan tugas – tugas bagian Tata Usaha, Sub Badan dan Seksi yang berada dibawahnya dalam pelaksanaan kegiatan sehari – hari;
  8. Mengkoordinasikan, mengsinkronisasikan, menintegrasikan tugas dan kegiatan pada unit kerja lainnya baik otonom maupun vertikal;
  9. Mengkoordinasikan perencanaan kegiatan bidang pembinaan administrasi umum,      kepegawaian dan keuangan di lingkungan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga ;
  10. Merumuskan konsep sasaran tentang perencanaan, pengolahan dan penelaahan atas               perumusan kebijakan Bupati Kepala Daerah;
  11. Menyelenggaran operasional Badan dalam rangka terlaksananya proses kegiatan kerja yang telah diprogramkan ;
  12. Membina bawahan supaya tugas – tugas Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga dapat terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  13. Mengevaluasi tugas bawahan, selanjutnya memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP 3 ;
  14. Melaporkan kegiatan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga baik                  secara bulanan, triwulan, tahunan maupun secara insidentil;
  15. Mengarahan upaya tercapainya sasaran pelaksanaan kegiatan sekretariat, bidang data dan infromasi, bidang keluarga berencana, bidang keluarga sejahtera dan bidang penggerakan masarakat;
  16. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Daerah.

2.   Sekretaris
   

Mempunyai tugas :

Melaksanakan administrasi perkantoran dan perlengkapan perbekalan, perencanaan program dan pengelolaan keuangan serta kepegawaian

     

Mempunyai fungsi :

 

  1. Pelaksanaan urusan surat – menyurat, rumah tangga, perawatan dan pemeliharaan perlengkapan dan perbekalan;
  2. Pelaksanaan perencanaan program dan anggaran dan pengelolaan keuangan;
  3. Pelaksanaan penyelengaraan administrasi Kepegawaian;
  4. Merencanakan operasional kegiatan Ketatausahaan secara bulanan, tahunan maupun insidentil;
  5. Membagi tugas kepada subbagian – subbagian supaya tugas – tugas bagian tata usaha terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  6. Memberikan petunjuk kepada subbagian – subbagian untuk kelancaraan pelaksanaan tugas – tugas bagian kesekretariatan;
  7. Menyelia dan menghimpun peraturan perundang – undangan beserta petunjuk kerja lainnya untuk pedoman pelaksanaan tugas sekretariat;
  8. Memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam pelaksanaan tugas – tugas Dinas sehari – hari;
  9. Mengatur pelaksanaan jadwal rapat di lingkungan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga baik secara bulanan, triwulan, semester maupun tahunan yang dituangkan dalam notulen rapat;
  10. Mengevaluasi tugas bawahan selanjutnya memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP 3 ;
  11. Melaporkan kegiatan sekretariat baik yang telah maupun belum dilaksanakan guna selanjutnya memberikan saran / usul kepada atasan untuk kelancaran tugas;
  12. Mengevaluasi bahan laporan dari masing – masing bidang yang selanjutnya menyusun laporan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga baik secara bulanan, triwulan maupun tahunan;
  13. Memberikan petunjuk dan pembinaan organisasi tatalaksana, pengelolaan rumah tangga, perlengkapan dan perbekalan, pengelolaan administrasi surat menyurat, administrasi kepegawaian dan keuangan pada subbagian – subbagian;
  14. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga.

Sekretariat terdiri dari :

      a.   Subbagian Umum dan Perlengkapan Perbekalan

      b.   Subbagian Perencanaan dan Keuangan

      c.   Subbagian Kepegawaian

 

      a.  Sub Bagian Umum dan Perlengkapan melaksanakan tugasnya :

      Melakukan pelayanan dan pengelolaan urusan perkantoran, pelayanan dan pengelolaan perlengkapan perbekalan

  1. Melakukan pelayanan dan pengelolaan urusan perkantoran, pelayanan dan pengelolaan perlengkapan perbekalan;
  2. Membuat laporan hasil pekerjaan subbagian umum dan perlengkapan, perbekalan selanjutnya memberikan saran / usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas – tugas subbagian umum, perlengkapan, perbekalan terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  4. Merencanakan kegiatan subbagian umum dan perlengkapan, perbekalan baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil;
  5. Mengecek dan mengoreksi peraturan perundang – undangan beserta petunjuk pelaksanaan           ( juklak ) untuk pedoman melaksanakan tugas subbagian umum dan perlengkapan, perbekalan;
  6. Melaksanakan koordinasi kepada subbagian lainnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  7. Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP 3;
  8. Membimbing staf dalam pembuatan naskah Dinas dan Surat – surat biasa yang berhubungan dengan tugas subbagian umum dan perlengkapan, perbekalan;
  9. Memeriksa dan meneliti konsep naskah Dinas dan surat – surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  10. Membuat laporan baik secara bulanan maupun insidentil melalui sekretaris;
  11. Memeriksa dan menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana pengelolaan surat – menyurat, kearsipan dan perlengkapan, perbekalan serta menghimpun program kerja masing – masing bidang;
  12. Mengecek, mengontrol dan memeriksa admnistrasi dan fisik barang yang merupakan tanggung jawab subbagian umum dan perlengkapan, perbekalan
  13. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan.

     

b.   Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas :

      Mengkoordinasikan perencanaan, penyusunan anggaran bantuan luar negeri, pengelolaan dan pengendalian keuangan

  1. Mengkoordinasikan perencanaan, penyusunan anggaran bantuan luar negeri, pengelolaan dan pengendalian keuangan;
  2. Membuat laporan hasil pekerjaan subbagian perencanaan dan keuangan guna selanjutnya memberikan saran / usul lepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas – tugas subbagian perencanaan dan keuangan terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  4. Merencanakan kegiatan subbagian perencanaan dan keuangan baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil;
  5. Merencanakan anggaran kegiatan operasional selanjutnya melaporkan kepada atasan;
  6. Mengecek dan mengoreksi peraturan perundang – undangan beserta petunjuk pelaksanaan ( juklak ) untuk pedoman melaksanakan tugas subbagian perencanaan dan keuangan;
  7. Melaksanakan koordinasi kepada subbagian lainnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  8. Memberikan nilai kepada bawahan  setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam DP 3;
  9. Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah Dinas dan surat – surat biasa yang berhubungan dengan tugas subbagian perencanaan dan keuangan;
  10. Membimbing staf dalam pembuatan konsep naskah dinas dan surat – surat biasa kepada bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  11. Membuat laporan baik secara bulanan maupun insidentil melalui Sekretaris;
  12. Memeriksa bahan penyusunan anggaran dan belanja Dinas, mengontrol pembukuan, perhitungan anggaran, verifikasi serta perbendaharaan; dan
  13. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang diberikan atasan.

 

      Sub Bagian Kepegawaian mempunyai tugas :

      Melakukan pengumpulan dan mensosialisasikan perangkat ketatalaksana KB dan KS serta pengelolaan kepegawaian

  1. Melakukan pengumpulan dan mensosialisasikan perangkat ketatalaksana KB dan KS serta pengelolaan kepegawaian;
  2. Membuat laporan hasil pekerjaan subbagian kepegawaian guna selanjutnya memberikan saran / usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas – tugas subbagian kepegawaian terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  4. Merencanakan kegiatan bidang Sub Bagian Kepegawaian baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil;
  5. Menghimpun dan menyusun peraturan perundangan – undangan beserta petunjuk pelaksanaan ( juklak ) untuk pedoman melaksanakan tugas Sub Bagian Kepegawaian;
  6. Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat – surat biasa yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Kepegawaian; dan
  7. Memeriksa dan menyiapkan bahwa pembinaan kepegawaian, penyusunan rencana kebutuhan dan pengembangan pegawai, mutasi serta tata usaha kepegawaian;

3.   Bidang Data dan Informasi mempunyai tugas :

      Melaksanakan dan mengendalikan penyelenggaran pengelolaan sistem data dan informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi ( TIK )

      Bidang Data dan Informasi mempunyai fungsi :

  1. Penerapan kebijakan dan pengembangan sistem data dan informasi program serta dat amikro kependudukan dan keluarga
  2. Pelaksanaan pengumpulan dan pengelolaan data berbasis teknologi informasi dan komunikasi ( TIK )
  3. Evaluasi pelaksanaan program dan penyebarluasan inforamasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi ( TIK )

 

      Bidang Data dan Informasi terdiri dari :

      a.   Subbidang Pelaporan dan Pengelolaan Data

      b.   Subbidang Evaluasi dan Penyebarluasan Informasi

 

      Subbidang Pengumpulan dan Pengelolaan Data mempunyai tugas :

      Melakukan, mengendalikan dan mengevaluasikan pelaksanaan kegiatan evaluasi program dan penyebarluasan data informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi ( TIK )

 

      Subbidang Evaluasi dan Penyebarluasan Informas mempunyai tugas :

      Melakukan, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan evaluasi program dan penyebarluasan data informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi ( TIK )

 

4.   Bidang Keluarga Berencana

      Bidang Keluarga Berencana mempunyai tugas :

      Melaksanakan dan mengendalikan penyelenggaran Program Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi

      Bidang Keluarga Berencana mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan, penetapan dan penyerasian kritaria kelayakan pelaksanaan kebijakan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi ( KB – KR ) meliputi jaminan dan pelayanan KB, peningkatan partisipasi pria dalam kesetaraan dan keadilan gender, penanggulangan masalah kesehatan reproduksi, kelangsungan hidup ibu, bayi dan anak serta kesehatan reproduksi remaja
  2. Pengendalian pelaksanaan kebijakan  Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi ( KB – KR ) meliputi jaminan dan pelayanan KB, peningkatan partisipasi pria dalam kesetaraan dan keadilan gender, penanggulangan masalah kesehatan reproduksi, kelangsungan hidup ibu, bayi dan anak serta kesehatan reproduksi remaja.
  3. Evaluasi pelaksanaan kebijakan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi ( KB – KR ) meliputi jaminan dan pelayanan KB, peningkatan partisipasi pria dalam kesetaraan dan keadilan gender, penanggulangan masalah kesehatan reproduksi, kelangsungan hidup ibu, bayi dan anak.

 

      Bidang Keluarga Berencana terdiri dari :

      a.   Subbidang Jaminan dan Pelayanan  Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi

      b.   Subbidang Kesehatan Reproduksi Remaja

 

      Subbidang Jaminan dan Pelayanan Keluarga Berencan dan Kesehatan Reproduksi mempunyai tugas :

      Melakukan dan mengendalikan serta mengevaluasikan pelaksanaan pengendalian program jaminan dan pelayanan keluarga berencana, kesehatan reproduksi, peningkatan partisipasi pria dalam kesetaraan dan keadilan gender, penanggungan masalah kesehatan reproduksi, kelangsungkan hidup ibu, bayi dan anak

 

      Subbidang Kesehatan Reproduksi Remaja mempunyai tugas :

      Melakukan dan mengendalikan serta mengevaluasi pelaksanaan pengendalian program Kesehatan Reproduksi Remaja dan Penggulangan Masalah HIV dan AIDS

 

5.   Bidang Keluarga Sejahtera melaksanakan tugas :

      Melaksanakan dan mengendalikan penyelenggaran program keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga 

      Bidang Keluarga Sejahtera mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan, penetapan dan penyerasian kriteria kelayakan pelaksanaan kebijakan Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga meliputi Pengembangan ekonomi keluarga dan pembinaan ketahanan Keluarga.
  2. Pengendailan Pelaksanaan kebijakan Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga meliputi Pengembangan ekonomi keluarga dan pembinaan ketahanan Keluarga.
  3. Evaluasi pelaksanaan kebijakan Keluarga Sejahtera dan pemberdayaan keluarga meliputi Pengembangan ekonomi keluarga dan pembinaan ketahanan keluarga

      Bidang Keleluarga Sejahtera terdiri dari :

      a.   Subbidang Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

      b.   Subbidang Pembinaan Ketahanan Keluarga

      Subbidang Pemberdayaan Ekonomi Keluarga mempunyai tugas :

      Melakukan dan mengendalikan serta mengevaluasi pelaksanaan pengendalian program pemberdayaan ekonomi keluarga

 

      Subbidang Pembinaan Ketahanan Keluarga mempunyai tugas :

      Melakukan dan mengendalikan serta mengevaluasikan pelaksanaan pengendalian program pembinaan ketahanan keluarga yang meliputi BKB, BKR, BKL dan BLK

 

6.   Bidang Penggerakan Masyarakat mempunyai tugas :

      Melaksanakan dan mengendalikan penyelenggaraan program penggerakan masyarakat, advokasi dan KIE

      Bidang Penggerakan Masyarakat mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan, penetapan dan penyerasian kritetia kelayakan pelaksanaan kebijakan program penggerakan masyarakat, advokasi dan KIE
  2. Pengendalian pelaksanaan kebijakan program penggerakan masyarakat, advokasi dan KIE
  3. Evaluasi pelaksanaan kebijakan program penggerakan masyarakat, advokasi dan KIE

      Bidang Penggerakan Masyarakat terdiri dari :

  1. Subbidang Pendampingan dan Pemberdayaan Peranan Masyarakat
  2. Subbidang Advokasi dan KIE

      Subbidang Pendampingan dan Pemberdayaan Peranan Masyarakat, mempunyai tugas :

      Melakukan dan mengendalikan serta mengevaluasikan pelaksananan pengendalian program Pembinaan Institusi Masyarakat dan Peningkatan Peran Serta

      Subbidang Advokasi dan KIE, mempunyai tugas :

      Melakukan dan mengendalikan serta mengevaluasikan pelaksanaan pengendalian program advokasi dan KIE

      Unit Pelaksanaan Teknis KB Kecamatan mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data kependudukan KB dan KS;
  2. Pelaksanaan koordinasi internal dan external program keluarga berencana dan keluarga sejahtera di tingkat kecamatan;
  3. Pelaksanaan kegiatan advokasi, KIE dan konseling program KB dan KS
  4. Pelaksanaan pengendalian sistem operasional program KB dan KS di tingkat kecamatan
  5. Pelaksanaan pengendalian, evaluasi dan pembinaan program KB dan KS

Unit Pelaksanaan Teknis KB Kecamatan karena didukung kelompok jabatan fungsional PKB maka dilakukan penyerasian dan rasionalisasi struktur organisasi ( Pasal 50 ayat 1 ), dengan meniadakan jabatan struktural Kasubbag.


DAFTAR URUTAN KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

No. Nama NIP Pangkat Jabatan Masa Kerja Latihan Jabatan Pendidikan Tempat Tanggal Lahir Keterangan
Gol/Ruang TMT Nama/Eselon TMT Tahun Bulan Nama Tahun Jml Jam Sekolah Thn Lulus Ijasan