Profil PDEA Sanda

Visi dan Misi Kantor PDEA Sanda

VISI  dan  MISI 

KANTOR  PUSAT  DATA  ELEKTRONIK ARSIP  DAN SANDI  DAERAH  KABUPATEN  LAHAT

 

VISI

“  MEWUJUDKAN  LAYANAN PRIMA DALAM BIDANG DATA ELEKTRONIK, KEARSIPAN,  INFORMASI

   DAN PERSANDIAN “

 

MISI

  1. Penyelenggaraan urusan keearsipan, data elektronik, informasi dan persandian yang efisien dan efektif dengan kaidah good governance;
  2. Pengembangan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat dalam kearsipan, pengelolaan data elektronik, informasi dan persandian yang berkualitas;
  3. Pengembangan Sumber Daya Manusia berbasis kompetensi dan budaya kerja yang tinggi;
  4. Pengembangan system kearsipan, pengelolaan data elektronik, informasi dan persandian daerah yang terintegrasi dengan system nasional;
  5. Pelayanan informasi dan kearsipan dengan prinsip pelayanan prima.



Struktur Organisasi Pusat Data Elektronik Arsip dan Sandi Daerah ( PDEA dan Sanda )

Profil  Biodata singkat Pejabat dan Staf

KANTOR  PDEA  DAN  SANDA  KABUPATEN  LAHAT

 

1.

Nama

:

ZAINUL  ADHAM, S.Pd.,SE

 

NIP

:

196307011990031006

 

Pangkat/Golongan

:

Pembina Tk. I / IV.b

 

Jabatan

:

Kepala Kantor PDEA dan SANDA Kabupaten Lahat

 

Jenis Kelamin

:

Laki - laki

 

e-mail

:

pdeasanda@lahatkab.go.id

 

Telp / HP

:

0731 - 322408

 

 

 

 

2.

Nama

:

ERWAN ANDAWAN, SP.,M.Si

 

NIP

:

197105291998031004

 

Pangkat/Golongan

:

Pembina / IV.a

 

Jabatan

:

Kasi Pelayanan dan Data Masukan

 

Jenis Kelamin

:

Laki – laki

 

e-mail

:

erwanandawan@gmail.com

 

Telp / HP

:

0813-9881-6555

 

 

 

 

3.

Nama

:

ROHANI  BINTI  ZAINI

 

NIP

:

195911191981012003

 

Pangkat/Golongan

:

Penata Tk. I / III.d

 

Jabatan

:

Kasi Pengelolaan Arsip

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

-

 

Telp / HP

:

0852-7395-7005

 

 

 

 

4.

Nama

:

ASNAN, SE

 

NIP

:

196306181985031006

 

Pangkat/Golongan

:

Penata Tk. I / III.d

 

Jabatan

:

Kasi  Inforkom  dan  Sandi  Daerah

 

Jenis Kelamin

:

Laki – laki

 

e-mail

:

asnantel@yahoo.com

 

Telp / HP

:

0823-0748-1644

 

 

 

 

5.

Nama

:

FIRMANSYAH, S.IP

 

NIP

:

196802191988121001

 

Pangkat/Golongan

:

Penata Tk. I  / III.d

 

Jabatan

:

Kepala  Sub Bagian Tata Usaha

 

Jenis Kelamin

;

Laki - laki

 

e-mail

:

-

 

Telp / HP

:

-

 

 

 

 

6.

Nama

:

NANNY GUMANTI, ST

 

NIP

:

198502192011012006

 

Pangkat/Golongan

:

Penata Muda Tk. I / III.b

 

Jabatan

:

Staf  (operator data entri)

 

Jenis Kelamin

;

Perempuan

 

e-mail

:

Nanny.gumanti@gmail.com

 

Telp / HP

:

0812-7888-0678

 

 

 

 

7.

Nama

:

ANDI  ASUHAN, SE

 

NIP

:

197607032007011009

 

Pangkat/Golongan

:

Penata Muda / III.a

 

Jabatan

:

Staf  (pengelola web/situs)

 

Jenis Kelamin

;

Laki – laki

 

e-mail

:

andiasuhan@gmail.com

 

Telp / HP

:

0852-6765-2618

 

 

 

 

8.

Nama

:

ERI  SUFRIATI, SE

 

NIP

:

197805232007012006

 

Pangkat/Golongan

:

Peenata Muda / III.a

 

Jabatan

:

Fungsional  Umum

 

Jenis Kelamin

;

Perempuan

 

e-mail

:

-

 

Telp / HP

:

0813-1578-3979

 

 

 

 

9.

Nama

:

SISWANTO, SE

 

NIP

:

197609082008011003

 

Pangkat/Golongan

:

Penata Muda / III.a

 

Jabatan

:

Fungsional Umum

 

Jenis Kelamin

;

Laki – laki

 

e-mail

:

Siswanto.lelek@yahoo.com

 

Telp / HP

:

0852-7914-3009

 

 

 

 

10.

Nama

:

SRI HERLINA, SE

 

NIP

:

197305212007012017

 

Pangkat/Golongan

:

Penata Muda / III.a

 

Jabatan

:

Fungsional Umum

 

Jenis Kelamin

;

Perempuan

 

e-mail

:

-

 

Telp / HP

:

0812-7409-7274

 

 

 

 

11.

Nama

:

FITRI  ALHUDA, A.Md

 

NIP

:

198208162010012006

 

Pangkat/Golongan

:

Pengatur  Tk. I  / II.d

 

Jabatan

:

Fungsional  Umum

 

Jenis Kelamin

;

Perempuan

 

e-mail

:

-

 

Telp / HP

:

0812-7101-0956

 

 

 

 

12.

Nama

:

KRISTIANA

 

NIP

:

198103062007012007

 

Pangkat/Golongan

:

Pengatur / II.c

 

Jabatan

:

Fungsional  Umum

 

Jenis Kelamin

;

Perempuan

 

e-mail

:

-

 

Telp / HP

:

0821-7394-5601

 

 

 

 

13.

Nama

:

ALBATIAH

 

NIP

:

196010301981011001

 

Pangkat/Golongan

:

Pengatur Muda  / II.a

 

Jabatan

:

Fungsional  Umum

 

Jenis Kelamin

;

Laki - laki

 

e-mail

:

-

 

Telp / HP

:

0852-7393-8375


Tupoksi Kontor Pusat Data Elektronik Arsip dan Sandi Daerah ( PDEA dan SANDA)

NAMA  DAN  ALAMAT  LENGKAP  SKPD

Nama Kantor  (SKPD)           :  Kantor Pusat Dana Elektronik Arsip dan Sandi Daerah  Kabupaten Lahat

 Alamat                                 :  Jalan Kolonel H. Barlian Bandar Jaya Lahat   Kode  Pos  31414

 e-mail                                  :  pdeasanda@lahatkab.go.id

 Telp                                    :  0731 322408

 Faximille                              :  0731  323088

 

Ruang  Lingkup  Pekerjaan

Kantor Pusat Data Elektronik Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Lahat  dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 17  Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah dalam Kabupaten Lahat.  Tugas pokok yang dimiliki oleh SKPD adalah melaksanakan urusan pemerintahan di bidang Pengelolaan Data Elektronik Arsip Dan Sandi Daerah.

 

Tugas Pokok dan Fungsi SKPD berdasarkan PERDA dan PERBUP

Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI)  

KANTOR PDEA DAN SANDA KABUPATEN LAHAT

Tugas pokok yang dimiliki oleh Kantor Pusat Data Elektronik, Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Lahat adalah melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pengelolaan data elektronik, arsip dan sandi daerah.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas Kantor Pusat Data Elektronik, Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Lahat mempunyai Fungsi sebagai berikut :

  1. Pengelolaan urusan kepegawaian, keuangan dan umum;
  2. Perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan data elektronik, arsip dan sandi daerah;
  3. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang data  elektronik, arsip dan sandi daerah;
  4. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang data elektronik, arsip dan sandi daerah;
  5. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Tugas Pokok dan Fungsi  (TUPOKSI)

KEPALA KANTOR PDEA DAN SANDA KABUPATEN LAHAT

Kepala Kantor Pusat Data Elektronik, Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Lahat mempunyai tugas sebagai berikut :

  1. Mengarahkan dan memberikan petunjuk kerja kepada bawahan supaya tugas-tugas Kantor Pusat Data Elektornik, Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Lahat terlaksana dengan baik;
  2. Merumuskan konsep sasaran suatu peraturan perundang-undangan beserta petunjuk kerja lainnya untuk pelaksanaan tugas kantor pusat data elektronik, arsip dan sandi daerah kabupaten lahat;
  3. Mengkoordinasi tugas-tugas bagian tata usaha dan seksi-seksi lainnya dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari;
  4. Mengkoordinasikan, mengsinkronsasikan, mengintrogasikan tugas dan kegiatan pada unit kerja lainnya baik otonomi maupun vertikal;
  5. Mengkoordinasikan perencanaan kegiatan bidang pembinaan administrasi umum, kepegawaian dan keuangan di lingkungan kantor pusat data elektronik, arsip dan sandi daerah kabupaten lahat;
  6. Merumuskan konsep sasaran tentang perencanaan, pengolahan dan penelaahan atau perumusan kebijakan bupati kepala daerah;
  7. Menyelenggarakan operasional kantor pusat data elektronik, arsip dan sandi daerah kabupaten lahat dalam rangka terlaksananya proses kegiatan kerja yang diprogramkan.
  8. Membina bawahan supaya tugas-tugas kantor pusat data elektronik, arsip dan sandi daerah kabupaten lahat dapat terbagi habis dan terlaksana dengan baik.
  9. Mengevaluasi tugas bawahan, selanjutnya memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan ke dalam dp3.
  10. Melaporkan kegiatan kantor pusat data elektronik, arsip dan sandi daerah kabupaten lahat baik secara bulanan, triwulan, tahunan maupun secara insidentil.

 

Tugas  Pokok dan Fungsi  (TUPOKSI)  SUB BAGIAN TATA USAHA

 KANTOR PDEA DAN SANDA KABUPATEN LAHAT

 A.    Tugas Sub Bagian Tata Usaha

         1Merencanakan operasional kegiatan bagian tata usaha baik secara bulanan, tahunan maupun

              insidental;

         2.  Memberikan pelayanan teknis dan administrasi kepada semua unsur dan kerja di lingkungan dinas dan

              instansi;

         3.  Menyelia dan menghimpun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk kerja lainnya untuk

              pedoman pelaksanaan tugas bagian tata usaha;

         4.  Memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam pelaksanaan tugas-tugas kantor sehari-hari;

         5.  Mengatur jadwal pelaksanaan rapat di lingkungan kantor pusat data elektronik, arsip dan sandi daerah

              baik secara bulanan, triwulan, semester maupun tahunan yang dituangkan dalam notulen rapat;

         6.  Mengevaluasi tugas bawahan selanjutnya memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang

              dicantumkan dalam penilaian pekerja (dp3);

         7.  Melaporkan kegiatan bagian tata usaha baik yang telah maupun belum dilaksanakan selanjutnya

              memberikan usul/saran kepada atasan untuk kelancaran tugas;

         8.  Mengusulkan dana rutin yang bersangkutan dengan sub bagian tata usaha;

         9.  Menghimpun bahan laporan dari masing-masing seksi yang selanjutnya menyusun laporan kantor

              pusat data elektronik, arsip dan sandi daerah;

         10. Memberikan petunjuk dan pembinaan organisasi tata pengelolaan rumah tangga, perlengkapan,

               pengelolaan surat menyurat, administrasi kepegawaian, keuangan pada kantor pusat data elektronik,

              arsip dan sandi daerah kabupatenL Lahat;

         11. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh kepala kantor pusat data elektronik, arsip dan sandi

               daerah kabupaten Lahat.

 

B.     Fungsi Sub Bagian Tata Usaha

         1.  Pelaksanaan tata persuratan / pengurusan surat pengetikan dan penggandaan pengelolaan  arsip intern;

         2.  Menerima surat masuk dan membuat surat keluar;

         3.  Mengusulkan kekurangan inventaris kantor dan mengusulkan kekurangan tenaga pns;

         4.  Melaksanakan kegiatan dana rutin yang bersangkutan dengan sub bagian tata usaha.

 

 Tugas  Pokok  dan  Fungsi  (TUPOKSI)  KASI  PELAYANAN  DAN  DATA  MASUKAN

 KANTOR PDEA DAN SANDA KABUPATEN LAHAT

 A.    Tugas Kasi Pelayanan dan Data Masukan

        1.  Membuat laporan hasil dari pengumpulan verifikasi, perekaman data dan pengendalian data

               elektronik berdasarkan kebijakan bupati sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku;

           2. Membagi tugas kepada bawahan / staf supaya tugas-tugas terbagi habis dan terlaksana  dengan baik;

           3. Menghimpun dan menegaskan peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (juklak)

               untuk pedoman pelaksanaan pelayanan dan data masukan;

           4. Melaksanakan koordinasi kepada dinas instansi yang terkait dengan kegiatan;

           5. Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun dalam daftar penilaian pekerjaan (dp3);

           6.  Membuat konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan seksi pelayanan dan

               data masukan yang selanjutnya siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;

           7. Membuat usulan dana insentif untuk teknisi operator internet dan komputer;

           8. Membuat usulan dana operasional internet dan biaya pemeliharaan internet komputer.

           9. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil kepada kepala kantor pusat data elektronik, arsip

               dan sandi daerah kabupaten Lahat

           10. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan.

 

B.     Fungsi Kasi Pelayanan dan Data Masukan

  1. Menyusun dan menganalisasi data yang masuk dan menyimpan sistem aplikasi data yang dibutuhkan;
  2. Melaksanakan pengendalian data yang masuk dan keluar;
  3. Melaksanakan pelayanan terhadap publik dalam pemberian informasi data;
  4. Memelihara dan merawaat perangkat keras dan perangkat lunak.

 

Tugas  Pokok  dan  Fungsi  (TUPOKSI)  KASI  PENGELOLAAN ARSIP

KANTOR PDEA DAN SANDA KABUPATEN LAHAT

 A.    Tugas Kasi Pengelolaan Arsip

  1. Membuat laporan hasil dari melaksanakan penyimpanan, perawatan, penelaan, pengolahan dan pengaturan arsip dalam lingkup kearsipan Pemerintahan Kabupaten Lahat sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Membagi tugas kepada bawahan / staf supaya tugas-tugas terbagi habis dan terlaksana dengan baik.
  3. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksana (juklak) untuk pedoman melaksanakan tugas pengelolaan arsip.
  4. Melaksanakan koordinasi kesetiap dinas-dinas untuk melakukan pengambilan arsip yang dibutuhkan oleh Kantor Pusat Data Elektronik, Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Lahat.
  5. Membuat konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan seksi pengelolaan arsip.
  6. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat biasa yang selanjutnya siap diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan.
  7. Memberikan penilaian kepada bawahan / staf setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam Daftar Penilaian Pekerjaan (DP3).
  8. Melaksanakan penilaian, akuisisi, melestarikan, mengelola, menyimpan, merawat, pelayanan informasi arsip aktif dan inaktif, dan penerbitan naskah sumber arsip.
  9. Mengajukan usulan dan extra poding untuk kesejahteraan pegawai.
  10. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil kepada Kantor Pusat Data Elektronik, Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Lahat.
  11. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan.

 

B.     Fungsi Kasi Pengelolaan Arsip

  1. Perumusan kebijakan teknis di Bidang Arsip Daerah.
  2. Pengolahan dan pengelolaan arsip in aktif.
  3. Pelaksanaan akuisisi, pengolahan pelestarian arsip statis.
  4. Pelayanan informasi dan jaringan informasi kearispan statis.
  5. Pembinaan tenaga arsip statis.
  6. Pemeliharaan / perawatan arsip in aktif  di ruang penyimpanan.
  7. Pengolahan arsip statis dan pengolahan informasi untuk dapat di daya gunakan bagi kepentingan pemerintah dan masyarakat.
  8. Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan kearsipan.
  9. Pelayanan jasa teknis kearsipan bagi instansi yang membutuhkan perencanaan dan penyusunan program pengembangan dan pembinaan Sumber Daya Manusia kearsipan

 

Tugas  Pokok  dan  Fungsi  (TUPOKSI)  KASI  INFORMASI  KOMUNIKASI  DAN  SANDI DAERAH  KANTOR  PDEA  DAN  SANDA  KABUPATEN  LAHAT

 A.    Tugas Kasi Informasi Komunikasi dan Sandi Daerah

  1. Mengarahkan dan memberikan petunjuk kerja kepada bawahan / staf supaya tugas-tugas Seksi Informasi, Komunikasi dan Sandi Daerah terlaksana dengan baik.
  2. Merencanakan operasional kegiatan Seksi Informasi, Komunikasi dan Sandi Daerah.
  3. Melaksanakan kegiatan menerima berita keluar dan masuk disampaikan kepada alamat yang tertera di formulir berita dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Lahat.
  4. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk (juklak) untuk pedoman melaksanakan tugas Seksi Informasi, Komunikasi dan Sandi Daerah.
  5. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil kepada Kepala Kantor PDE, Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Lahat
  6. Mengajukan dana Perbaikan Peralatan SSB.
  7. Mengajukan Dana Lembur dan Dana Operator SSB.
  8. Memelihara dan merawat peralatan yang ada pada Seksi Informasi Komunikasi dan Sandi Daerah.
  9. Memberikan pelayanan pengamanan berita.
  10. Mengevaluasi tugas bawahan selanjutnya memberikan nilai kepada bawahan / staf setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam daftar penilaian pekerjaan (DP3).
  11. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil kepada Kantor Pusat Data Elektronik, Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Lahat
  12. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh kepala Kantor Pusat Data Elektronik, Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Lahat

 

B.     Fungsi Kasi Informasi Komunikasi dan Sandi Daerah

  1. Menerima berita masuk disampaikan kepada alamat yang dituju
  2. Menerima berita keluar disampaikan kepada alamat yang tertera di formulir berita.
  3. Memelihara dan merawat peralatan yang ada pada Sub Bagian Informasi Komunikasi dan Sandi Daerah.
  4. Pengamanan berita.

 

 


DAFTAR URUTAN KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

No. Nama NIP Pangkat Jabatan Masa Kerja Latihan Jabatan Pendidikan Tempat Tanggal Lahir Keterangan
Gol/Ruang TMT Nama/Eselon TMT Tahun Bulan Nama Tahun Jml Jam Sekolah Thn Lulus Ijasan