Profil RSUD Kab lahat

Visi dan Misi Kantor RSUD Kab Lahat

VISI  dan  MISI

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LAHAT

 

VISI   

“ TERWUJUDNYA RUMAH SAKIT DENGAN PELAYANAN PRIMA MENUJU LAHAT    

  BANGKIT 2018 “

 

MISI :

1.

Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Kompeten

 

 

2.

Mengembangkan Sarana dan Prasarana Pelayanan yang Canggih sesuai Perkembangan                  Ilmu dan Teknologi.

 

 

3.

Mengembangkan Pengelolaan Keuangan yang Mandiri (PPK-BLUD)                                 

 

 

4.

Mewujudkan RSUD Lahat sebagai Pusat Rujukan Pelayanan Kesehatan di sekitar Kabupaten Lahat

 

 



Struktur RSUD Lahat

Struktur Organisasi

PROFIL BIODATA SINGKAT PEJABAT RSUD LAHAT

 

Pejabat Eselon III & IV

1.

Nama

:

dr. Hj. Laela Cholik, M.Kes

 

NIP

:

197003292002122002

 

Pangkat/Golongan

:

Pembina/ IV a

 

Jabatan

:

Direktur RSUD Lahat

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

chan.lht@gmail.com

 

Telp/HP

:

082282771619

 

 

 

 

2.

Nama

:

Hj. Misbah Daswati, DCn, S.E.

 

NIP

:

195912211982012001

 

Pangkat/Golongan

:

Pembina/ IV a

 

Jabatan

:

Kabag Tata Usaha

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

misbahdaswati@yahoo.co.id

 

Telp/HP

:

081367652921

 

 

 

 

3.

Nama

:

Abdul Halim, SE, M.M.

 

NIP

:

196410081983121001

 

Pangkat/Golongan

:

Pembina/ IV a

 

Jabatan

:

Kabid Penunjang

 

Jenis Kelamin

:

Laki - Laki

 

e-mail

:

1964@yahoo.com

 

Telp/HP

:

081273033207

 

 

 

 

4.

Nama

:

Hj. Sepriati, S.Sos

 

NIP

:

195909161980032002

 

Pangkat/Golongan

:

Pembina/ IV a

 

Jabatan

:

Kabid Keuangan

 

Jenis Kelamin

:

 

 

e-mail

:

 

 

Telp/HP

:

08127816906

 

 

 

 

5.

Nama

:

Yuniar, BSc

 

NIP

:

196301011988022000

 

Pangkat/Golongan

:

Pembina/ IV a

 

Jabatan

:

Kabid Pelayanan

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

yuniarfirdaus63@gmail.com

 

Telp/HP

:

08127879312

 

 

 

 

6.

Nama

:

Juniarsih, S.E., M.M.

 

NIP

:

197106021997032002

 

Pangkat/Golongan

:

Pembina/ IV a

 

Jabatan

:

Ka.Sub.Bag. Program  & Perencanaan

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

juniarsih1971@gmail.com

 

Telp/HP

:

082174504454

 

 

 

 

7

Nama

:

Novermansyah, SKM

 

NIP

:

197611111996031003

 

Pangkat/Golongan

:

Penata TK.I / III d

 

Jabatan

:

Ka.Sub.Bag. Umum & Perlengkapan

 

Jenis Kelamin

:

Laki - Laki

 

e-mail

:

noverhafidz57@gmail.com

 

Telp/HP

:

082178890240

 

 

 

 

8.

Nama

:

Helen Nudianah

 

NIP

:

196505211985032003

 

Pangkat/Golongan

:

Penata TK.I / III d

 

Jabatan

:

Ka.Sub.Bag. Kepegawaian & Diklat

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

Helenrsud@gmail.com

 

Telp/HP

:

081377600820

 

 

 

 

9.

Nama

:

Irnawati, S.E

 

NIP

:

196004141984092002

 

Pangkat/Golongan

:

Penata TK.I / III d

 

Jabatan

:

Kasi Akuntansi

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

erna08253@yahoo.com

 

Telp/HP

:

085384040587

 

 

 

 

10.

Nama

:

Linda Sriasminarti, S.E,.M.M

 

NIP

:

197109121994032003

 

Pangkat/Golongan

:

Penata / III c

 

Jabatan

:

Kasi Perbendaharaan

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

linda.sriasminarti@yahoo.com

 

Telp/HP

:

081367300150

 

 

 

 

11.

Nama

:

Hj. Aminah, BSc

 

NIP

:

196301191988032004

 

Pangkat/Golongan

:

Penata TK.I / III d

 

Jabatan

:

Kasi Keperawatan

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

aminaharsyad63@gmail.com

 

Telp/HP

:

082183262718

 

 

 

 

12

Nama

:

Hj. Eva Yulia, SKM, M.M.

 

NIP

:

197211211992032002

 

Pangkat/Golongan

:

Penata TK.I / III d

 

Jabatan

:

Kasi Pelayanan Medik

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

eva72yulia@gmail.com

 

Telp/HP

:

08127357667

 

 

 

 

13.

Nama

:

Hj. Fauziah, SKM

 

NIP

:

196412281989032004

 

Pangkat/Golongan

:

Penata TK.I / III d

 

Jabatan

:

Kasi Penunjang Medik

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

fauziah191963@gmail.com

 

Telp/HP

:

082172340097

 

 

 

 

14.

Nama

:

Nuriatul Qibtiyah, S.E.

 

NIP

:

197608151996032001

 

Pangkat/Golongan

:

Penata TK.I / III d

 

Jabatan

:

Kasi Penunjang Non Medik

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

ria.ahaza@yahoo.com

 

Telp/HP

:

081274943560


Tupoksi RSUD Lahat

 NAMA DAN ALAMAT LENGKAP SKPD

Nama Kantor (SKPD)

:

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lahat

Alamat

:

Jalan Letnan Jenderal Harun Sohar No. 28 Lahat 31411

e-mail

:

Rsud.lahat@yahoo.co.id

Telp

:

0731-321785

Foto / Gambar

:

Kantor SKPD

 

Ruang Lingkup Kegiatan/ Pekerjaan

Melaksanakan Penyelenggaraan urusan Pemerintahan di bidang : Pelayanan Kesehatan

 

 

Tugas Pokok dan Fungsi SKPD berdasarkan PERDA dan PERBUP

KANTOR RUMAH SAKIT DAERAH LAHAT

Tugas Pokok melaksanakan sebagian urusan di bidang Pelayanan Kesehatan

 

Fungsi SKPD :

  1.  Pengelolaan urusan umum, perlengkapan dan kepegawaian
  2.  Perumusan kebijakan teknis di bidang pelayanan kesehatan
  3.  Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang pelayanan   kesehatan
  4.  Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pelayanan kesehatan
  5.  Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Serta tupoksi masing-masing Pejabat di SKPD

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah mempunyai tugas :

1) Memimpin, menyusun kebijaksanaan, pelaksanaan, pembina, mengkoordinasikan dan mengawasi

    pelaksanaan Rumah Sakit sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang

    berlaku;Merumuskan operasional program  kerja lembaga Rumah Sakit Daerah;

2) Memimpin, mengkoordinasikan serta mengendalikan serta mengawasi pelaksanaan tugas;

3) Menyusun program kerja dalam rangka pelaksanaan tugasnya;

4) Membantu Bupati dalam melaksanakan tugasnya dibidang pelayanan kesehatan dalam

     perencanaan maupun perumusan kesehatan;

5) Memberikan informasi mengenai usaha pelayanan kesehatan saran dan pertimbangan kepada

    Bupati sebagai bahan bagi kebijaksanaan dalam membuat keputusan;

6) Mengatur dan mengkoordinasikan tugas Bagian Tata Usaha, bidang Pelayanan, Bidang Keuangan,

     Bidang Penunjang;

7) Mempersiapkan bahan penetapan dibidang kepegawaian berdasarkan perundang-undangan yang

     berlaku;

8) Mengangkat/menunjuk pegawai-pegawai Rumah Sakit dalam jabatan-jabatan tertentu

     dilingkungan Rumah Sakit;

9) Mengadakan hubungan kerjasama dengan instansi baik pemerintah maupun swasta untuk

    kepentingan tugasnya;

10) Mengatur melaksanakan pembinaan terhadap tugas-tugas pelayanan kesehatan Rumah Sakit

      Daerah;

11) Mengevaluasi danmelakukan pengawasan atas pelaksanaan program kerja bidang pelayanan

     kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah;

12) Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Bagian Tata Usaha mempunyai tugas:

1) Merencanakan program kegiatan ketatausahaan;

2) Melaksanakan administrasi ketata usahaan, perlengkapan, kepegawaian, diklat, program dan

     perencanaan, serta rumah tangga pelayanan kesehatan Rumah sakit Umum Daerah;

3) Melaksanakan administrasi kepegawaian, hukum dan perpustakaan pelayanan kesehatan rumah

     sakit umum daerah;

4) Mengevaluasi atas pelaksanaan kegiatan urusan ketatausahaan pelayanan kesehatan Ruma Sakit

     Umum Daerah;

5) Membuat laporan terhadap pelaksanaan tugas-tugas ketatausahaan pelayanan kesehatan Rumah

     Sakit Umum Daerah;

6) Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas bagian tata usaha terbagi habis dan

     terlaksana dengan baik;

7) Merencanakan kegiatan bagian tata usaha baik secara bulanan, tahunan dan insidentil;

8) Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksana

     (JUKLAK) untuk pedoman pelaksanaan tugas bagian tata usaha;

9) Melaksanakan koordinasi dengan bidang-bidang pelayanan kesehatan yang terkait dilingkungan

    Rumah Sakit Umum Daerah untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

10) Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan

      Pekerjaan (DP3);

11) Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan

     dengan tugas bagian tata usaha;

12) Memerikas dan meneliti konsep-konsep naskah dinas dan konsep surat biasa dari bawahanyang

      selanjutnya siap diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;

13) Membuat laporan baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil;

14) Bertanggung jawab langsung kepada direktur dalam rangka pelaksanaan tugas di bagian tata

      usaha;

15) Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan mempunyai tugas :

1) Membuat laporan hasil pekerjaan Sub Bagian Umum dan perlengkapan guna selanjutnya

    memberikan saran/ usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

2) Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Sub Bgian Umum dan Perlengkapan terbagi

     habis dan terlaksanan dengan baik;

3) Merencanakan kegiatan Sub Bagian umum dan Perlengkapan baik secara bulanan, tahunan

     maupun insidentil;

4) Menghimpun dan menyususn peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan

    (JUKLAK) untuk pedoman melaksanakan tugas Sub Bagian Umum dan Perlengkapan;

5) Melaksanakan koordinasi keapa Sub Bagian/Bidang lainnya pada lingkup Kesekretariatanuntuk

     kelancaran pelaksanaan tugas;

6) Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam Daftar Penilaian

     Pelaksanaan Pekerjaan (DP3);

7) Memberikan petunjuk pembuatan naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan

    tugas Sub Bagian Umum dan Perlengkapan;

8) Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat biasa dari bawahan yang selanjutnya

    siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;

9) Membuat laporan baik secara bulanan, triwulan, tahunan dan insidentil tentang perlengkapan

     Rumah sakit Umum Daerah;

10) Menyusun usul penghapusan barang perlengkapan di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah

      berdasarkan data dan informasi serta berdasarkan ketentuan/ peraturan yang berlaku;

11) Memeriksa dan menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tata laksanan, pengelolaan surat-

      menyurat, kearsipan dan perlengkapan serta menghimpun program kerja masing-masing Bidang,

      Sub Bidang, Bagian dan Sub bagian;

12) Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Sub bagian Kepegawaian mempunyai tugas:

1) Membantu tugas-tugas kepala bagian tata usaha, kesekretariatan dan rekam medis dalam

    bidang administrasi kepegawaian;

2) Membantu memberikan bahan-bahan peraturan/ hukum atas akibat yang timbul dari pelaksanaan

     tugas Rumah Sakit;

3) Memimpin bidang administrasi kepegawaian yang meliputi:

  1.  Tata Usaha dan Kepegawaian
  2.  Mutasi Kepegawaian
  3.  Diklat Kepegawaian
  4.  Akreditasi tenaga fungsional

4.) Menyelenggarakan bidang administrasi kepegawaian, meliputi :

  1.  Tata Usaha dan Kepegawaian
  2.  Mutasi Kepegawaian
  3.  Diklat Kepegawaian
  4.  Akreditasi tenaga fungsional

5) Menyusun dan menetapkan tugas dan fungsi urusan pegawai untuk dilaksanakan sesuai dengan

     Job Discription masing-masing staf yang ada urusan pegawai;

6) Merencanakan kegiatan pelaksanaan tugas administrasi kepegawaian;

7) Mengevaluasi kegiatan pelaksanaan tugas staf dan hasil kerja bidang kepegawaian;

8) Memberikan pembinaan secara terus menerus untuk mencapai tertib organisasi, tertib

     administrasi serta memberi bimbingan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

9) Mengkoordinasikan tugas fungsi kepegawaian baik intern maupun ekstern untuk mencapai

     penyelesaian bidang kepegawaian sesuai dengan ketentuan pendelegasian dan wewenang

     kepegawaian;

10) Membuat laporan hasil kegiatan tugas kepada kepala bagian tata usaha, kesekretariatan, dan 

      RM;

11) Membantu mencarikan peraturan/hukum atas akibat yang timbul dari pelaksanaan tugas Rumah

     Sakit;

12) Merencanakan/mengkoordinir pendidikan, pelatihan, pengembangan dan penyuluhan;

13) Melaksanakan pengembangan pengetahuan dan keterampilan pegawai;

14) Melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di Rumah Sakit Daerah tentang

      kesehatan dan penyakit;

15) Melaksanakan koordinasi dengan sub bagian, sub bidang dan instalasi yang terkait untuk

      kelancaran pelaksanaan tugas;

16) Memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala bagian tata usaha mengenai hal-hal yang

      ada hubungannya dengan masalah pendidikan, pelatihan, pengembangan dan penyuluhan;

17) Mempersiapkan dan menyusun rencana anggaran sub bagian diklat dan pengembangan;

18) Membantu sebagian tugas kepala bagian tata usaha dalam hal kegiatan pengembangan,

      pendidikan dan pelatihan;

19) Mengatur jumlah jenis dan mutu tenaga perawatan untuk dapat dikembangkan melalui

      pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan oleh Rumah Sakit;

20) Bertanggung jawab langsung kepada kepala bagian tata usaha dalam hal perkembangan,

       pengembangan, pendidikan dan pelatihan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah;

21) Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Sub Bagian Program dan Perencanaan mempunyai tugas :

1) Menyusun perencanaan dan program kerja tahunan Rumah Sakit Umum Daerah;

2) Mengumpulkan dan mengadakan survey, mengolah dan menyajikan data yang menyangkut

     pendidikan dan pelatihan tenaga medis, paramedis, pegawai serta seminar-seminar yang

     sifatnya formal dan non formal;

3) Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data tahunan yang bersangkutan dengan pendidikan,

     pelatihan di bidang pelayanan kesehatan kepada uni-unit kerja yang memerlukan;

4) Menganalisa dan merumuskan informasi tentang pendidikan dan pelatihan formalmaupun yang

     non formal guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah;

5) Menyusun Rencana kerja tahunan Rumah Sakit Umum Daerah;

6) Memonitor perkembangan pelaksanaan kegiatan rutin dan pendidikan, pelatihan formal dan non

     formal guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di lingkungan Rumah Sakit daerah;

7) Memberikan penilaian pelaksanaan pekerjaan kepada staf atau bawahan yang dituangkan dalam

     Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3);

8) Menyusun dan membuat laporan kerja Sub bagian Program dan Perencanaan Rumah Sakit

     Daerah;

9) Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum daerah mempunyai tugas:

1) Mengkoordinir, mengawasi serta membantu tenaga medis dalam melakukan pelayanan kesehatan

    serta bertanggung jawab akan tindakan yang dilakukan oleh paramedis;

2) Membantu sebagian tugas pokok Direktur dalam bidang pelayanan;

3) Memimpin dan menyelenggarakan kegiatan dibidang pelayanan;

4) Merencanakan, menyusun dan menetapkan peraturan/ tata tertib pelayanan keperawatan

     sesuai dengan Kebijakan Direktur;

5) Merencanakan jumlah, jenis tenaga keperawatan yang dibutuhkan Rumah Sakit secara

     keseluruhan  diseduaikan dengan kebutuhan;

6) Berperan serta menyusun kebijakan Rumah Sakit dalam pengembangan Rumah Sakit;

7) Memberikan petunjuk kepada sub bidang asuhan keperawatan untuk terlaksananya pelayanan

     keperawatan yang paripurna dalam memelihara dan mempertahankan mutu pelayanan

     keperawatan  di rumah saki;

8) Memberikan bimbingan kepada tenaga keperawatan yang berada di bawah tanggung jawabnya

     untuk melaksanakan program kesehatan terpadu;

9) Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan keperawatan serta memberikan penyuluhan

     keperawatan;

10) Membina dan memelihara secara terus menerus kemampuan berprestasi pegawai dilingkungan 

      keperawatan;

11) Melaksanakan program orientasi bagi tenaga keperawatan yang baru bekerja di Rumah Sakit;

12) Mengadakan rapat dengan Kepala Instalasi terkait dengan Kepala Ruangan / Poliklinik secara 

      berkala atau sewaktu-waktu bila diperlukan;

13) Mengumpulkan, mengolah serta merumuskan tentang prosedur keperawatan, ketenagaan

      peralatan untuk bahan informasi bagi pengembangan pelayanan keperawatan;

14) Memelihara hubungan kerjasama yang baik dengan unit terkait di Rumah Sakit;

15) Melakukan dan penilaian staf serta petugas pelaksanaan berdasarkan rekomendasi dari Kepala

      Instalasi terkait;

16) Memelihara serta meningkatkan sistem pencatatan dan pelaporan pelayanan keperawatan

      sehingga dapat tercipta suatu sistem informasi Rumah Sakit yang dapat dipercaya.

17) Berperan serta dalam kegiatan ilmiah dan penelitian yang diadakan oleRumah Sakit atau

      instalasi  lain untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan;

18) Membantu kepala instalasi terkait dalam penyusunan kebijakan, pengelolaan serta fungsi

      bagian keperawatan secara efektif dan efisien;

19) Memberikan solusi untuk penanggulangan etika keperawatan bersama dengan kepala instalasi

      rawat inap, rawat jalan dan instalasi terkait lainnya;

20) Mengawasi dan mengevaluasi etika dan mutu pelayanan keperawatan;

21) Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf dan hasil kerja bidang kepegawaian;

22) Memberikan pembinaan secara terus menerus untuk mencapai tertib organisasi, tertib

       administrasi serta memberikan bimbingan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

23) Mengkoordinasikan tugas dan fungsi kepegawaian baik intern maupun ekstern untuk mencapai

       penyelesaian bidang kepegawaian sesuai dengan ketentuan pendelegasian dan wewenang

       kepegawaian;

24) Membuat Laporan hasil kegiatan tugas kepala sub bidang, kesekretariatandan Rekam Medik

       dan membantu mengarahkan peraturan / hukum atas akibat yang timbul dari pelaksanaan

       tugas Rumah  Sakit;

25) Dalam Melaksanakan tugasnya kepala bidang pelayanan bertanggungjawab kepada Direktur;

26) Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Sub Bidang Pelayanan Medik mempunyai tugas:

1) Membantu sebagian tugas Kepala Bidang Penunjang, mengawasi dan mengendalikan penerimaan

    dan  pemulangan pasien serta mengendalikan semua kebutuhan pelayanan di Rumah Sakit dan  

    penggunaan fasilitas dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan terhadap pasien;

2) Menyelenggarakan pengawasan pengendalian penerimaan dan pemulangan pasien;

3) Menyusun rencana pengawasan pengendalian penerimaan dan pemulangan pasien;

4) Melaksankan kooordinasi pelaporan penerimaan dan pemulangan pasien dengan sub bidang dan

    instalasi terkait;

5) Melaksanakan pengawasan dan pengendalian penerimaan dan pemulangan pasien kontraktor

     (ASKES, JAMKESMAS, JAMSOSTEK, BUMN dan perusahaan lain yang menjalin kerjasama

     dengan Rumah Sakit). Dan berkoordinasi dengan sub bidang yang lain dan instansi terkait;

6) Melaksanakan pengawasan pengendalian penermaan dan pemulangan pasien tidak mampu dan

     pulang paksa, koordinasi dengan sub bidang lainnya serta instansi terkait;

7) Merencanakan program kegiatan pengawasan dan pengendalian kebutuhan serta fasilitas pasien;

8) Melaksanakan koordinasi atas tugas-tugas kegiatan yang berhubungan dengan kebutuhan dan

    penggunaan fasilitas dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan.

9) Mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan kebutuhan dan fasilitas pelayanan;

10) Mengevaluasi atas kegiatan-kegiatan pengendalian daan pengawasan kebutuhan dan fasilitas

      pelayanan;

11) Membuat laporan hasil pekerjaan sub bidang wasdal kebutuhan dan wasdal fasilitas pelayanan

     selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

12) Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas sub bidang wasdal kebutuhandan wasdal

      fasilitas pelayanan terbagi habis dan terlaksana dengan baik;

13) Merencanakan kegiatan sub bidang wasdal kebutuhan dan wasdal fasilitas pelayanan baik

      secara bulanan, tahunan dan insidentil;

14) Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan

      (JUKLAK) untuk menjadi pedoman pelaksanaan tugas sub bidang wasdal kebutuhan dan wasdal

      fasilitas pelayanan;

15) Melaksanakan koordinasi terhadap sub bidang lainnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

16) Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan

      Pekerjaan (DP3).

17) Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan

      dengan tugas sub bidang wasdal kebutuhan dan fasilitas pelayanan;

18) Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat lain dari bawahan yang

      selanjutnya siap diketik dan membutuhkan paraf dari hasil ketikan;

19) Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

                              

Kepala Sub Bidang Keperawatan mempunyai tugas:

1) Asuhan Keperawatan meliputi :

a) Mengkoordinir, membimbing dan mengawasi perawat mulai dari perencanaan perawatan, tindakan

    keperawatan sampai dengan mengevaluasi sesuai dengan protap serta pencatatannya guna

    pendokumentasiannya, serta tugas-tugas yang lain;

b) Mengatur jumlah, jenis dan mutu tenaga perawatan untuk dapat dikembangkan melalui pelatihan-

    pelatihan yang dibutuhkandi ruang rawat yang ada di bawah tanggung jawabnya;

c) Merencanakan jumlah, jenis dan mutu tenaga perawatan dan tenaga lainnya yang akan dilatih sesuai

    dengan yang dibutuhkan di ruang rawat;

d) Memotivasi tenaga keperawatan untuk ikut merumuskan pengembangan pengetahuan keperawatan

    dimana mereka bekerja;

e) Memberikan bimbingan kepada kepala ruang rawat tentang pelaksanaan pelayanan keperawatan

    sesuai dengan kebijakan kepala Bidang Kepearwatan;

f) Memberikan bimbingan kepada tenaga keperawatan yang berada dibawah tanggung jawabnya untuk

   melaksankan program kesehatan terpadu di Rumah Sakit;

g) Mengatur dan mengembangkan tenaga perawatan pada ruang rawat yang berada dibawah tanggung

    jawabnya bersama dengan kepala ruang rawat;

h) Melaksanakan program orientasi kepada tenaga perawat baru atau lainnya yang akan bekerja di ruang

    rawat yang berada dibawah tanggungjawabnya;

i) Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan atau pelayanan keperawatan di SMF yang berada dibawah

    tanggung jawabnya;

j) Mengadakan pertemuan dengan kepala ruang rawat secara berkala atau sewaktu-waktu bila diperlukan;

k) Melakukan koordinasi dengan instalasi terkait untuk menampung dan menanggulangi usul-usul serta

    keluhan, baik tentang tenaga keperawatan maupun pelayanannya dan menyampaikan kepada Kepala

    Bidang Penunjang Medik;

l) Membantu memecahkan masalah yang timbul di ruang rawat inap;

m) Mengupayakan dan memelihara suasana kerja yang harmonis di ruang rawat inap;

n) Memelihara hubungan yang baik dengan institusi pendidikan keperawatan untuk kelancaran program

    pendidikan;

o) Memelihara hubungan baik dengan pasien dan keluarganya;

p) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan melalui pelatihan-pelatihan inservice training;

q) Mengadakan kunjungan keliling secara berkala atau sewaktu-waktu ke ruang rawat;

r) Melaksanakan penilaian hasil kerja tenaga perawatan dan tenaga lainnya dibawah tanggung jawabnya;

s) Mengawasi dan mengevaluasi pengisian dan pencatatan asuhan keperawatan;

t) Mewakili kepala pelayanan apabila berhalangan hadir/ tidak masuk kerja;

u) Dalam melaksanakan tugasnya kepala asuhan keperawatan bertanggung jawab Kepada Kepala Bidang

    Pelayanan.

 

 2) Mutu dan Etika Keperawatan :

a) Membina, membimbing dan mengawasi pelaksanaan tugas keperawatan dalam rangka menjaga mutu

    dan etika keperawatan;

b) Merencanakan program kegiatan peningkatan mutu dan etika keperawatan;

c) Melakukan koordinasi dan bimbingan peningkatan mutu dan etika keperawatan;

d) Mengawasi pelaksanaan tugas keperawatan dalam rangka menjaga mutu dan etika keperawatan;

e) Mengadakan evaluasi terhadap mutuan etika keperawatan yang telah dilaksanakan;

f) Membuat laporan hasil pekerjaan mutu dan etika keperawatan selanjutnya memberikan saran/usul

    kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

g) Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas mutu etika keperawatan terbagi habis dan

     terlaksana dengan baik;

h) Merencanakan kegiatan sub bidang mutu dan etika keperawatan baik secara bulanan, tahunan dan i

     nsidentil;

i) Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (JUKLAK)

   untuk pedoman pelakssanaan tugas mutu dan etika keperawatan;

j) Melaksanakan koordinasi kepada sub bidang lainnya di Rumah Sakit Daerah untuk kelancaran

   pelaksanaan tugas;

k) Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan

    (DP3);

l) Memberikan petunjuk konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan tugas

   mutu dan etika keperawatan.

m) Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya

     siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;

n) Membuat laporan baik secara bulanan, tahunan dan insidentil;

o) Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

p) Dalam melaksanakan tugasnya mutu dan etika keperawatan bertanggung jawab kepada Kepala

    Bidang Pelayanan.

 

3) Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

                 

Kepala Bidang Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah, mempunyai tugas:

1) Menyusun program kegiatan Rumah Sakit dan mengelola keuangan serta anggaran pendapatan

    dan belanja Rumah sakit Umum daerah;

2) Membuat laporan hasil pekerjaan Bidang Keuangan selanjutnya memberikan usul/saran kepada

    Direktur untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

3) Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas bidang keuangan terbagi habis dan terlaksana

    dengan baik;

4) Merencanakan kegiatan bidang keuangan baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil;

5) Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (JUKLAK)

     untuk pedoman pelaksanaan tugas bidang keuangan;

6) Melaksanakan koordinasi kepada bidang lainnya di Rumah Sakit Umum Daerah untuk kelancaran

    pelaksanaan tugas;

7) Memberikan kepada bawahan setiap akhir tahun dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3);

8) Memberikan petunjuk dalam pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan

    dengan tugas bidang keuangan;

9) Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya

    siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;

10) Membuat laporan baik secara bulanan maupun insidentil;

11) Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

12) Membuat konsep rencana Anggaran Biaya Tambaha (ABT) dengan menganalisis perubahan,

     penambahan maupun pengurangan rencana kegiatan dan berdasarkan tabungan anggaran dan

     arahan Direktur serta penyiapan revisi anggaran;

13) Merekapitulasi data usulan anggaran dari unit-unit terkait sesuai dengan jenis dan macam

      kegiatannya guna melakukan pengecekan;

14) Memeriksa realisasi anggaran rutin, anggaran pembangunan dan laporan lainnya berdasarkan

     laporan bulanan serta rencana kegiatannya agar dapat diketahui hambatan-hambatan,

     penyimpangan dalam penggunaan anggaran untuk disampaikan kepada Direktur;

15) Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Direktur baik secara lisan maupun tertulis dalam

      rangka pelaksanaan tugas;

16) Melaksanakan kegiatan verifikasi, dibidang akuntansi dan perbendaharaan;

17) Bertanggung jawab kepada Direktur dalam hal :

a) Kebenaran dan kesesuaian penggunaan program dan rencana kerja sub-sub bidang keuangan.

b) Ketertiban, kejelasan dan kebenaran system tata kerja.

c) Ketepatan dan kebenaran dalam penyusunan laporan keuangan.

d) Ketepatan dan kebenaran dalam penyusunan tarif Rumah Sakit.

e) Kenyamanan dan keharmonisan hubungan kerja yang baik dan serasi di bidang keuangan.

18) Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Sub Bidang Akuntansi mempunyai tugas:

1) Mempelajari rencana kegiatan sub bidang akuntansi keuangan Rumah Sakit Umum Daerah peraturan

    perundang-undangan literature dan referensi tentang akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen

     sebagai pedoman dan pelaksanaan tugas dan kegiatan;

2) Menyelenggarakan pembukuan penerimaan kas, pengeluaran kas, piutang pasien, hutang dan

    persediaan barang;

3) Mencatat/ menjurnalkan seluruh transaksi kedalam buku jurnal dan jurnal voucher;

4) Menyusun laporan keuangan triwulan berupa: neraca, laporan pendapatan dan biaya serta laporan

    arus kas;

5) Melaksanakan tugas lainnya yang dberikan atasan baik tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran

    pelaksanaan tugas;

6) Menganalisa neraca Keuangan Rumah Sakit sebagai bahan pertimbangan kebijakan pimpinan;

7) Menyelenggarakan kegiatan dibidang akuntansi;

8) Menyusun dan membuat anggaran pendapatan dan belanja beserta program keuangan Rumah Sakit;

9) Bertanggung jawab kepada kepala Bidang Keuangan dalam hal;

10) Kebenaran dan kesesuaian penggunaan program dan rencana kerja sub bidang akuntansi keuangan;

11) Ketertiban, kejelassan dan kebenaran system kerja;

12) Ketepatan dan kebenaran dalam penyusunan laporan keuangan;

13) Ketepatan dan kebenaran dalam penyusunan tarif Rumah Sakit;

14) Kenyamanan dan keharmonisan hubungan kerja yang baik, serasi dilingkungan sub bidang akuntansi

      keuangan Rumah Sakit;

15) Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Sub Bidang Perbendaharaan mempunyai tugas;

1) Membantu Kepala Bidang Keuangan dalam menyelenggarakan para bendaharawan dilingkungan

    Rumah Sakit;Mempelajari rencana kegiatan Sub Bidang perbendaharaan keuangan Rumah sakit,

    peraturan perundang-undangan literature, petunjuk perbendaharaan dan referensi lain yang terkait

    dengan perbendaharaan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan;

2)Memproses, menindaklanjuti tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi yang merupakan temuan

   laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari aparat pengawas fungsional baik intern maupun ekstern dan

   atupun sebagai hasil pelaksanaan pengawasan melekat;

3) Membuat konsep usulan bendaharawan dari atasan langsung tahun anggaran yang akan datang untuk

    menerbitkan surat keputusannya oleh instansi yang berwenang serta membuat konsep penunjukan

    kembali bendahara dan atassan langsung yang tidak mengalami perubahan;

4) Memeriksa pencatatan serta pembukaan pemasukan dan pengeluaran uang yang akan dilakukan oleh

    bendaharawan dengan cara memeriksa buku kas umum dan buku kas pembantu untuk mengetahui

    kebenaran maupun penyimapangan pencatatan pembukuan;

5) Mengawasi dan memeriksa pembuatan daftar gaji, rapel dan lembur pegawai untuk disampaikan ke

    kepala Bagian Keuangan Rumah Sakit Daerah;

6) Memantau pelaksanaan pembayaran gaji pegawai agar pelaksanaan pembayaran berjalan lancar dan

    tepat waktu;

7) Membuat konsep tindak lanjut tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi dengan mempelajari

    dan laporan lainnya untuk memproses tindak lanjut;

8) Membuat laporan perbendaharaan keuangan Rumah sakit Umum Daerah secara berkala yaitu bulanan,

    tahunan dan insidentil;

9) Mengawasi dan memberi petunjuk dan arahan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;

10) Menegur apabila bawahan melanggar disiplin kerja;

11) Membimbing dan menciptakan iklim kerja yang baik, serasi dan sehat;

12) Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan langsung.

 

Kepala Bidang Penunjang Rumah Sakit Umum Daerah mempunyai tugas:

1) Mengkoordinasikan, mengendalikan, mengawasi semua kebutuhan pelayanan serta kegiatan

    pelayanan terhadap pasien serta mengarsipkan semua catatan medis baik rawat jalan maupun yang

    rawat inap dan membuat pelaporan pasien maupun laporan Rumah sakit;

2) Membantu sebagian tugas Kepala Bidang Penunjang, mengawasi dan mengendalikan penerimaan dan

    pemulangan pasien serta mengendalikan semua ebutuhan pelayanan di rumah sakit dan penggunaan

    fasilitas dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan terhadap pasien;

3) Menyelenggarakan pengawasan pengendalian penerimaan dan pemulangan pasien;

4) Menyusun rencana pengawasan pengendalian penerimaan dan pemulangan pasien;

5) Melaksanakan koordinasi pelaporan penerimaan dan pemulangan pasien dengan sub bidang dan

    instalasi terkait;

6) Melaksanakan pengawasan dan pengendalian penerimaan dan pemulangan pasien kontraktor

    (ASKES, JAMKESMAS, JAMSOSTEK, BUMN dan perusahaan lain yang menjalin kerjasama dengan

    Rumah Sakit). Dan berkoordinasi dengan sub bidang yang lain dan instansi terkait;

7) Melaksanakan pengawasan pengendalian penerimaan dan pemulangan pasien tidak mampu dan

    pulang paksa, koordinasi dengan sub bidang lainnya serta instansi terkait;

8) Merencanakan program kegiatan pengawasan dan pengendalian kebutuhan serta fasilitas pasien;

9) Melaksanakan koordinasi atas tugas-tugas kegiatan yang berhubungan dengan kebutuhan dan

    penggunaan fasilitas dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan.

10) Mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan kebutuhan dan fasilitas pelayanan;

11) Mengevaluasi atas kegiatan-kegiatan pengendalian daan pengawasan kebutuhan dan fasilitas

      pelayanan;

12) Membuat laporan hasil pekerjaan sub bidang wasdal kebutuhan dan wasdal fasilitas pelayanan

      selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

13) Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas sub bidang wasdal kebutuhan dan wasdal

      fasilitas pelayanan terbagi habis dan terlaksana dengan baik;

14) Merencanakan kegiatan sub bidang wasdal kebutuhan dan wasdal fasilitas pelayanan baik secara

      bulanan, tahunan dan insidentil;

15) Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan

      (JUKLAK) untuk menjadi pedoman pelaksanaan tugas sub bidang wasdal kebutuhan dan wasdal

      fasilitas pelayanan;

16) Melaksanakan koordinasi terhadap sub bidang lainnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

17) Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan

      Pekerjaan (DP3).

18) Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan

      dengan tugas sub bidang wasdal kebutuhan dan fasilitas pasien;

19) Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat lain dari bawahan yang selanjutnya

      siap diketik dan membutuhkan paraf dari hasil ketikan;

20) Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala sub Bidang Penunjang Medik mempunyai tugas:

1)Farmasi

a) Membantu kepala bidang pelayanan dalam bidang memimpin kegiatan di instalasi farmasi.

b) Memimpin dan menyelenggarakan kegiatan dalam bidang farmasi.

c) Mengumpulkan dan mengolah data serta menyajikan laporan dibidang farmasi.

d) Melaksanakan kegiatan peracikan, penyimpanan dan penyaluran obat-obatan, gas medis, bahan

    kimia, bahan medis dan alat-alat kesehatan.

e) Melaksanakan hubungan kerjasama yang sebaik-baiknya dengan semua satuan organisasi terkait

    dilingkungan Rumah sakit.

f) Membina dan memelihara secara terus menerus kemampuan dan pretasi para pegawai

    dilingkungannya.

g) Meminta petunjuk dan informasi dari Direktur.

h) Memberikan masukan berupa saran dan bahan pertimbangan kepada Direktur.

i) Mengkoordinasikan dan mengendalikan penggunaan fasilitas sarana sumber daya manusia dan

   kegiatan pelayanan di farmasi.

j) Memberikan tugas dan petunjuk kepada bawahan.

k)Memberikan pembinaan dan penilaian terhadap bawahan (DP3).

l) Memberikan teguran/ peringatan dan pujian serta penghargaankepada bawahan.

m) Bertanggung jawab langsung kepada direktur tentang:

     i. Kebenaran dan ketepatan perencanaan kegiatan dan kebutuhan pelayanan farmasi

     ii. Kebenaran dan ketepatan monitoring dan evaluasi kegiatan pelayanan farmasi

     iii. Kebenaran dan ketepatan pelayanan pelaporan farmasi

 


DAFTAR URUTAN KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

No. Nama NIP Pangkat Jabatan Masa Kerja Latihan Jabatan Pendidikan Tempat Tanggal Lahir Keterangan
Gol/Ruang TMT Nama/Eselon TMT Tahun Bulan Nama Tahun Jml Jam Sekolah Thn Lulus Ijasan