Profil Pusda

Visi dan Misi Kantor Pusda

VISI dan MISI

KANTOR PERPUSTAKAAN KABUPATEN LAHAT

 

VISI  Kantor Perpustakaan 2013-2018

“ Mewujudkan Kabupaten Lahat yang CERDAS ”

    (C: Cendikiawan,  E: Etika,R: Religius, D: Dedikasi, A: Amanah, S: Sejahtera)”.

 

MISI

1.

Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia kelembagaan perpustakaan

 

 

2.

Meningkatkan sarana dan prasarana pengembangan minat dan budaya baca masyarakat

 

 

3.

Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dengan pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat informasi



Struktur Organisasi Kantor Perpustakaan Daerah (Pusda)

 

 

 

Profil dan Biodata Singkat Pejabat Dan Staf

KANTOR PERPUSTAKAAN KABUPATEN LAHAT

 

1)

Nama

:

ROSMIANA, SE.,MM

 

NIP

:

19590313 198209 2 001

 

Pangkat / Golongan

:

Pembina / IV.a

 

Jabatan

:

Kepala Kantor

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

 

 

 

2)

Nama

:

SUGIANTO, SE

 

NIP

:

19630905 198703 2 001

 

Pangkat / Golongan

:

Penata  / III.c

 

Jabatan

:

Kasubbag TU

 

Jenis Kelamin

:

Laki-laki

 

e-mail

:

sugianto385@yahoo.com

 

 

 

 

3)

Nama

:

H. Ir. GUNAWAN

 

NIP

:

19630505 198903 1 015

 

Pangkat / Golongan

:

Pembina /IV.a

 

Jabatan

:

Pustakawan Pertama

 

Jenis Kelamin

:

Laki-Laki

 

e-mail

:

gungoenfuad@gmail.com

 

 

 

 

4)

Nama

:

RITA  ASTUTI

 

NIP

:

19590313 198101 2 003

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA TK I / III.d

 

Jabatan

:

Kasi Pelayanan dan Referensi

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

 

 

 

5)

Nama

:

PUDJI  MULYANINGSIH, S.IP

 

NIP

:

19610825 198903 2 001

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA TK I / III.d

 

Jabatan

:

Kasi Perencanaan

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

pudju_mulyaningsih@yahoo.com

 

 

 

 

6)

Nama

:

MERI  SARTIKA, SE

 

NIP

:

19830703 200501 2 006

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA / III.c

 

Jabatan

:

Kasi AKUISISI DAN PENGOLAHAN

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

merysartikalahat@gmail.com

 

 

 

 

7)

Nama

:

GITA  HERIADI

 

NIP

:

19631208 199103 1 005

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA TK I / III.b

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

 

 

 

8)

Nama

:

MERI  ANDRIANA, SE

 

NIP

:

19800502 200501 2 009

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA / III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

e-mail

:

meriandriana@gmail.com

 

 

 

 

9)

Nama

:

SEPTIN VIRYANI, SE

 

NIP

:

19820918 200701 2 003

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA / III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

e-mail

:

septin_viryani@yahoo.com

 

 

 

 

10)

Nama

:

HESTI  ATRIANI, SE

 

NIP

:

19780812 200701 2 007

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA / III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

 

 

 

11)

Nama

:

ITIN  TRISUANTI, SE

 

NIP

:

19800210 200801 2 004

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA / III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

 

 

 

12)

Nama

:

PERI  HERIANTO, SE

 

NIP

:

19800811 200701 1 005

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA/III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

e-mail

:

feriherianto97@yahoo.com

 

 

 

 

13)

Nama

:

DARLIANSYAH, SE

 

NIP

:

19830602 200801 1 002

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA / III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

e-mail

:

darliansyah80@gmail.com

 

 

 

 

14)

Nama

:

ADI  CANDRA, S.Pd.SD

 

NIP

:

19760615 200701 1 010

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA / III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

e-mail

:

adicand009@gmail.com

 

 

 

 

15)

Nama

:

ERMIDA, SE

 

NIP

:

19800907 200701 2 006

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA / III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

e-mail

:

ermidacaca90@gmail.com

 

 

 

 

16)

Nama

:

FARIA  LISTINI, SE

 

NIP

:

19850705 201001 2 002

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA / III,a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

 

 

 

17)

Nama

:

EPI  HARYANI, SE

 

NIP

:

19831029 201001 1 006

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA /III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

 

 

 

18)

Nama

:

JASWAN  MARIAWAN, SE

 

NIP

:

19740701 201001 1 006

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA  / III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

LAKI-LAKI

 

 

 

 

19)

Nama

:

YENSE  NOVRIKA, SE

 

NIP

:

19801106 201001 2 001

 

Pangkat / Golongan

:

PENATA MUDA / III.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

e-mail

:

yensenovrika@yahoo.com

 

 

 

 

20)

Nama

:

ABDUL  SOMAD

 

NIP

:

19790105 200212 1 006

 

Pangkat / Golongan

:

Pengatur TK I / II.d

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

e-mail

:

adamap@ymail.com

 

 

 

 

21)

Nama

:

EMA SUSILAWATI

 

NIP

:

19740226 200701 2 001

 

Pangkat / Golongan

:

Pengatur Muda TK I

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

PEREMPUAN

 

 

 

 

22)

Nama

:

DEDI SUPRIADI

 

NIP

:

19731111 201212 1 002

 

Pangkat / Golongan

:

Pengatur Muda / II.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

LAKI - LAKI

 

 

 

 

23)

Nama

:

DEKA LAYEN DIANAH

 

NIP

:

19860103 101212 1 002

 

Pangkat / Golongan

:

Pengatur Muda / II.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

 

 

 

24)

Nama

:

JUNIARTI  S

 

NIP

:

19850624 201412 2 001

 

Pangkat / Golongan

:

Pengatur Muda / II.a

 

Jabatan

:

STAF

 

Jenis Kelamin

:

Perempuan

 

e-mail

:

niekiseki@gmail.com


Tupoksi Kantor Perpustakaan Daerah (Pusda)

INFORMASI TENTANG PROFIL BADAN PUBLIK (SKPD)

 

NAMA KANTOR

:

KANTOR PERPUSTAKAAN KABUPATEN LAHAT

 

 

 

ALAMAT

:

Jalan  Let Amir Hamzah No. 26 Pasar Baru (Benteng)  Lahat  31411 ( (0731) 322091

 

 

 

Website

:

www.pusdalahat.com

 

 

 

e-mail

:

pusda.lahat@gmail.com

 

 

 

TELP.

:

0731 -322091

 

Ruang Lingkup Kegiatan / Pekerjaan

Melaksanakan Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan dibidang Pelayanan Publik yang meliputi :

1.

PELAYANAN PENGUNJUNG  (Membaca, Peminjaman Dan Pengembalian Buku , Pemanfaatan Layanan Internet)

 

 

2.

PENGOLAHAN  BAHAN PUSTAKA

 

 

3.

PERENCANAAN PROGRAM PERPUSTAKAAN

 

Dalam menjalankan tugasnya Kantor Perpustakaan Berkedudukan, mempunyai tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) :

Kedudukan

1.

Kantor Perpustakaan  merupakan unsur pendukung tugas Bupati dibidang Perpustakaan

 

 

2.

Kantor Perpustakaan di pimpin oleh Kepala Kantor yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah

 

Tugas Pokok

Melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah dibidang pengelolaan perpustakaan

 

Fungsi

1

Pengelolaan Urusan Kepegawaian, Keuangan dan Umum

2

Perumusan kebijakan teknis dibidang pengelolaan perpustakaan

3

Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah dibidang perpustakaan

4

Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang perpustakaan

5

Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Kantor Perpustakaan, mempunyai tugas::

1.

Memimpin Perpustakaan sesuai dengan tugas dan fungsi perpustakaan agar berdaya guna dan berhasil guna

2.

Melakukan koordinasi dan kerjasama perpustakaan baik didalam maupun diluar lingkungan daerah

3.

Melakukan pembinaan terhadap Perpustakaan Umum dan Sekolah didalam Kabupaten Lahat

4.

Melakukan sosialisasi perpustakaan dan minat baca

5.

Merumuskan program kerja operasional (Kantor Perpustakaan),

6.

Mengkoordinasikan tugas-tugas Sub Bagian Tata Usaha, Seksi Perencaan, Seksi Akuisisi & Pengolahan dan Seksi Pelayanan & Referensi,

7.

Melaksanakan pembinaan terhadap tugas-tugas Perpustakaan,

8.

Melakukan pengawasan atas pelaksanaan program kerja Kantor Perpustakaan

9.

Menentukan kebijakan perpustakaan melalui kerjasama dan melakukan pengendalian evaluasi serta penilaian atas pelaksanaan kegiatan perpustakaan.

 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha,  mempunyai tugas :

1.

Melaksanakan administrasi surat menyurat Kantor Perpustakaan

2.

Melakukan administrasi perlengkapan dan rumah tangga Kantor Perpustakaan,

3.

Mengatur & membuat administrasi perjalanan dinas Kantor Perpustakaan

4.

Membuat laporan terhadap pelaksanaan tugas-tugas ketata usahaan Kantor Perpustakaan,

5.

Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Sub Bagian Tata Usaha terbagi habis dan terlaksana dengan baik,

6.

Merencanakan kegiatan Sub Bagian Tata Usaha baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil,

7.

Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (juklak) untuk pelaksanaan tugas Sub Bagian Tata Usaha,

8.

Melakukan administrasi kepegawaian Kantor Perpustakaan,

9.

Melaksanakan koordinasi kepada seksi-seksi pada Kantor Perpustakaan untuk kelancaran pelaksanaan tugas,

10.

Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3),

11.

Memberikan petunjuk kepada pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan tugas-tugas Sub Bagian Tata Usaha,

12.

Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan dibubuhkan paraf pada hasil ketikan

13.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

Kepala Seksi Perencanaan,  mempunyai tugas :

1.

Merencanakan program kegiatan Kantor Perpustakaan seiring dengan kemajuan teknologi

2.

Merencanakan program pengembangan Perpustakaan Umum dan Sekolah

3.

Merencanakan pengembangan Sistem Otomasi Perpustakaan

4.

Merencanakan pengadaan sarana dan prasarana perpustakaan, sesuai dengan kebutuhan perpustakaan dan masyarakat

5.

Merencanakan pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan

6.

Merencanakan penyediaan bahan pustaka

7.

Melaksanakan evaluasi, monitoring dan pelaporan

8.

Melaksanakan koordinasi kepada seksi-seksi dan Sub Bagian Tata Usaha pada Kantor Perpustakaan untuk kelancaran pelaksanaan tugas

9.

Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (juklak) untuk pelaksanaan tugas Seksi Perencaan

10.

Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan

11.

Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Seksi Perencaan terbagi habis dan terlaksana dengan baik

12.

Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)

13.

Menghimpun dan membuat pelaporan kegiatan-kegiatan Kantor Perpustakaan baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil

14.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

Kepala Seksi Akuisisi dan Pengolahan,  mempunyai tugas :

1.

Merencanakan kegiatan Seksi Akuisisi & Pengolahan Kantor Perpustakaan

2.

Melakukan urusan pengadaan bahan-bahan pustaka

3.

Melakukan pengolahan terhadap bahan-bahan pustaka

4.

Membuat laporan hasil pekerjaan Seksi Akuisisi & Pengolahan selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas

5.

Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Seksi Akuisisi & Pengolahan terbagi habis dan terlaksana dengan baik

6.

Merencanakan kegiatan Seksi Akuisisi & Pengolahan baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil

7.

Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (juklak) untuk pedoman pelaksanaan Seksi Akuisisi & Pengolahan

8.

Melaksanakan koordinasi kepada seksi lainnya dan Sub Bagian Tata Usaha pada Kantor Perpustakaan untuk kelancaran pelaksanaan tugas

9.

Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)

10.

Memberikan petunjuk pembuatan konsep naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan tugas Seksi Akuisisi & Pengolahan

11.

Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan

12.

Membuat laporan baik secara bulanan maupun insidentil

13.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

 Kepala Seksi Pelayanan & Referensi,  mempunyai tugas :

1.

Merencanakan dan melaksanakan kegiatan Pelayanan & Referensi seiring dengan kemajuan teknologi

2.

Melaksanakan pelayanan informasi, sirkulasi dan referensi untuk segenap masyrakat yang berkunjung ke Perpustakaan

3.

Melaksanakan administrasi peminjaman koleksi Perpustakaan

4.

Melaksanakan administrasi pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan

5.

Menciptakan suasana yang nyaman di ruang koleksi dan ruangan baca di Perpustakaan

6.

Menyusun, memelihara dan penyiangan bahan koleksi perpustakaan dengan baik dan benar

7.

Mengelola layanan katalogisasi

8.

Mengelola Layanan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK)

9.

Membuat grafik pengunjung, peminjam dan pembaca koleksi perpustakaan

10.

Membuat laporan hasil pekerjaan Seksi Pelayanan dan Referensi selanjutnya memberikan saran dan usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas

11.

Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Seksi Pelayanan & Referensi terbagi habis dan terlaksana dengan baik

12.

Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (juklak) untuk pelaksanaan tugas Seksi Pelayanan & Referensi

13.

Melaksanakan koordinasi kepada seksi-seksi dan Sub Bagian Tata Usaha pada Kantor Perpustakaan

14.

Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)

15.

Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas yang berhubungan dengan tugas-tugas Seksi Pelayanan & Referensi

16.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

 

Kelompok Pustakawan,   mempunyai tugas :

Tugas Pokok Pustakawan Tingkat Terampil meliputi:

1.

Pengorganisasian dan pendayagunaan koleksi bahan pustaka/ sumber informasi

2.

Pemasyarakatan Perpustakaan

 

 

 Tugas Pokok Pustakawan Tingkat Ahli,  meliputi

1.

Pengorganisasian dan Pendayagunaan koleksi bahan pustaka / sumber informasi

2.

Pemasyarakatan Perpustakaan

3.

Pengkajian Pengembangan Perpustakaan


DAFTAR URUTAN KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

No. Nama NIP Pangkat Jabatan Masa Kerja Latihan Jabatan Pendidikan Tempat Tanggal Lahir Keterangan
Gol/Ruang TMT Nama/Eselon TMT Tahun Bulan Nama Tahun Jml Jam Sekolah Thn Lulus Ijasan