Profil Lahat

Visi dan Misi Kecamatan Lahat

VISI

KECAMATAN LAHAT

 

Menjadi Terdepan, Responsif, dan Akuntabel dalam pelaksanaan Pemerintahan, Pelayanan, Pengkoordinasian, Pembangunan, serta Pemberdayaan Masyarakat”

 

            MISI :

  • Meningkatkan kompetensi aparatur kecamatan yang berkualitas;
  • Meningkatkan pelayanan yang responsif dan berkualitas;
  • Menyelenggarakan tugas pemerintahan yang efektif, efisien, dan bermartabat;
  • Meningkatkan pengkoordinasian bidang-bidang pembangunan;
  • Meningkatkan pemberdayaan lembaga, aparatur dan masyarakat.




Tupoksi Kecamtan Lahat

Tugas Fungsi dan Struktur Organisasi Kecamatan Lahat

Kecamatan Lahat berdasarkan Peraturan Bupati Lahat Nomor 30 tahun 2008 tentang uraian tugas masing-masing jabatan struktural di lingkungan Kecamatan dan Kelurahan dalam Kabupaten Lahat mempunyai fungsi yaitu :

 

Struktur organisasi kecamatan secara jelas digambarkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Lahat Nomor 7 Tahun 2006 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan Lahat, PSEKSU dan Gumay Talang yaitu seperti gambar dibawah ini :

A.    Tugas Camat :

  1. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat ;
  2. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
  3. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  4. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan. fasilitas pelayanan umum;
  5. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintah di tingkat kecamatan;
  6. Membina penyelenggaraan pemerintahan kecamatan;
  7. Melaksanakan pelayanan masyarakat;

B.   Tugas Sekretaris Camat :

  1. Mengelola Sumber Daya Aparatur, Keuangan, Sarana Dan Prasarana Pemerintahan Kecamatan;
  2. Mengelola Ketatausahaan, Kearsipan, Keuangan dan perlengkapan Pemerintah Kecamatan;
  3. Menyusun rencana Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan kepada bawahannya dalam pelaksanaan tugas-tugas dinas sehari-hari;
  5. Menghimpun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk kerja lainnya untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  6. Mengatur jadwal pelaksanaan rapat kerja dan /atau koordinasi baik bulanan, triwulan, semester, maupun tahunan yang dituangkan dalam notulen rapat;
  7. Membagi tugas kepada Sub Bagian  supaya tugas-tugas Kesekretariatan dapat terlaksana dengan baik;
  8. Mengevaluasi tugas bawahan selanjutnya memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam Daftar Penilaian Pekerjaan (DP3);
  9. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

C.    Tugas Kepala seksi Pemerintahan :

  1. Menyusun rencana Kegiatan Seksi Pemerintahan sesuai dangan rencana kerja kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugasnya  agar tugas Seksi Pemerintahan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
  3. Menyiapkan bahan dan data dalam penyusunan pedoman teknis pembinaan pengembangan di bidang pemerintahan umum;
  4. Membuat konsep naskah dinas sesuai bidang tugasnya untuk ditandatangani camat;
  5. Menyiapkan bahan pelaksanaan bimbingan teknis, penyebarluasan informasi tentang berbagai peraturan perundang-undangan mengenai desa/ kelurahan dan pertanahan;
  6. Penyusunan bahan penyelenggaran rapat koordinasi dan rapat kerja;
  7. Melaksanakan penelitian atas pengaduan BPD terhadap kepemimpinan kepala desa;
  8. Menyusun dan menyiapkan profil kecamatan;
  9. Melaksanakan penilaian terhadap hal-hal prinsip yang diusulkan oleh kepala desa dan atau BPD kepada Bupati;
  10. Melaksanakan tertib administrasi dan hukum pertanahan;
  11. Melaksanakan tertib pemanfaatan/ penggunaan lahan;
  12. Melaksanakan pelayanan administrasi pemindahan hak atas tanah;
  13. Memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sebagai bahan pengambilan keputusan;
  14. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Pemerintahan sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
  15. Memfasilitasi proses pemilihan kepala desa dan BPD serta pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa;
  16. Memfasilitasi pembentukan organisasi kemasyarakatan;
  17. Memfasilitasi pencairan Alokasi dana desa (ADD);
  18. Menilai bawahan sebagai bahan pembuatan DP3;
  19. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

D.  Tugas Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum sesuai dangan rencana kerja Kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Menyusun rencana kebutuhan Seksi Ketentraman sebagai bahan usulan kepada camat;
  3. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugasnya  agar dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
  4. Membuat konsep naskah dinas sesuai bidang tugasnya untuk ditandatangani camat;
  5. Menyiapkan bahan dan data dalam penyusunan pedoman teknis pembinaan pengembangan di bidang ketertiban umum, pembinaan Satpol-PP, meningkatkan persatuan dan kesatuan serta perlindungan masyarakat;
  6. penyebarluasan informasi tentang berbagai peraturan perundang-undangan mengenai ketertiban umum;
  7. melaksanakan upaya penegakan peraturan daerah serta meningkatkan ketertiban, kebersihan dan keindahan lingkungan melalui koordinasi dengan perangkat daerah lainnya;
  8. melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan dan pembinaan budaya disiplin;
  9. melaksanakan kegiatan penataan, pengawasan dan monitoring terhadap fasilitas umum;
  10. melaksanakan pengawasan dan monitoring tempat-tempat kerawanan sosial;
  11. melaksanakan pembinaan Satpol-PP dalam rangka perlindungan terhadap masyarakat;
  12. melaksanakan pembinaan keserasian masyarakat serta penyelesaian perselisihan antar warga;
  13. melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan apresiasi budaya masyarakat serta mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat;
  14. melaksanakan kegiatan pemberdayaan dan pengkoordinasiaan kegiatan organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan organisasi sosial politik;
  15. melaksanakan kegiatan perlindungan masyarakat dari gangguan ketentraman dan ketertiban dengan berkoordinasi bersama pihak Kepolisian Republik Indonesia dan atau TNI;
  16.  Memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sebagai bahan pengambilan keputusan;
  17. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Ketentraman dan Ketertiban sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
  18. Menilai bawahan sebagai bahan pembuatan DP3;
  19. Melaporkan hasil kegiatan Seksi Ketentraman dan Ketertiban kepada camat baik secara lisan maupun tertulis;
  20. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

E. Tugas Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan :

  1. Menyusun rencana Kegiatan Seksi Perekonomian dan Pembangunan sesuai dangan rencana kerja Kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Menyusun rencana Kebutuhan Seksi Perekonomian dan Pembangunan sebagai bahan usulan kepada Camat;
  3. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugasnya  agar dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
  4. Menghimpun dan menyebarluaskan informasi peraturan perundang-undangan mengenai Pemberdayaan Masyarakat Desa/ Kelurahan;
  5. Pembinaan administrasi Desa/ Kelurahan mengenai pertanggungjawaban bantuan dari Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten;
  6. Melaksanakan penilaian terhadap peraturan Desa dan Keputusan Desa serta laporan keterangan pertaggungjawaban Kades yang disampaikan kepada Bupati;
  7. Melaksanakan pembinaan pelaksanaan penilaian Kades;
  8. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap KoperasiUnit Desa (KUD);
  9. Memfasilitasi usulan pembangunan dari Desa/ Kelurahan;
  10.  Memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sebagai bahan pengambilan keputusan;
  11. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Perekonomian dan Pembangunan sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
  12. Menilai bawahan sebagai bahan pembuatan DP3;
  13. Melaporkan hasil kegiatan Seksi Pemberdayaan masyarakat Desa kepada Camat baik secara lisan maupun tertulis;
  14. Melaksanakan tugas-tugas Kedinasan lainya yang diberikan oleh atasan.

F. Tugas Kepala Seksi Sosial dan Kesejahteraan Rakyat :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Sosial dan Kesejahteraan Rakyat sesuai dangan rencana kerja kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Menyusun rencana kebutuhan Seksi Sosial dan Kesejahteraan Rakyat sebagai bahan usulan kepada camat;
  3. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugasnya  agar dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
  4. Membuat konsep naskah dinas sesuai bidang tugasnya untuk ditandatangani camat;
  5. Menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembinaan, pengembangan di bidang kesejahteraan sosial;
  6. Menyusun data  penyadang masalah social dan potensi kesejahteraan sosial;
  7. Menyiapkan bahan pelaksanaan bimbingan teknis di bidang kepemudaan olahraga dan kesenian;
  8. Memfasilitasi pembentukan karang taruna di tingkat desa/ kelurahan dan kecamatan;
  9. Memfasilitasi pemberian bantuan terhadap korban bencana alam;
  10. Memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sebagai bahan pengambilan keputusan;
  11. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Sosial dan Kesejahteraan Rakyat sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
  12. Melaporkan hasil kegiatan seksi kepada camat baik secara lisan maupun tertulis;
  13. Menilai bawahan sebagai bahan pembuatan DP3;
  14. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

G. Tugas Kepala Seksi Pelayanan Umum :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pelayanan Umum sesuai dangan rencana kerja Kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Menyusun rencana kebutuhan Seksi Pelayanan Umum sebagai bahan usulan kepada camat;
  3. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugasnya  agar dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
  4. Membuat konsep naskah dinas sesuai bidang tugasnya untuk ditandatangani camat;
  5. Menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembinaan, pengembangan di bidang pelayanan umum;
  6. Memberikan pelayanan dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  7. Memberikan pelayan dalam pembuatan Kartu Keluarga (KK);
  8. Memberikan pelayanan dalam pembuatan Surat Keterangan Mutasi Penduduk;
  9. Melakukan pendataan terhadap penduduk;
  10. Membuat laporan bulanan dan triwulan kependudukan;
  11. Memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sebagi bahan pengambilan keputusan;
  12. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Pelayanan Umum sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;


DAFTAR URUTAN KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

No. Nama NIP Pangkat Jabatan Masa Kerja Latihan Jabatan Pendidikan Tempat Tanggal Lahir Keterangan
Gol/Ruang TMT Nama/Eselon TMT Tahun Bulan Nama Tahun Jml Jam Sekolah Thn Lulus Ijasan