Profil Adm. Pembangunan

Visi dan Misi Adm. dan Pembangunan kabupaten Lahat

Visi

Visi adalah cara pandang kedepan tentang kemana Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Lahat akan diarahkan dan apa yang akan dicapai. Visi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Lahat yang disusun berdasarkan kriteria- kriteria penulisan Visi, yaitu singkat, jelas, mudah diingat, menarik dan menantang.

Kebutuhan akan sebuah perencanaan yang komprehensif, integrative dan partisifatif bagi Kabupaten Lahat telah menjadi suatu keharusan bagi keberadaan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan sebagai perangkat daerah di Kabupaten Lahat, itu berarti bahwa Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Lahat sebagai lembaga teknis daerah mempunyai kewajiban untuk menunjang pencapaian Visi daerah berdasarkan keunikan tugas dan fungsinya dalam bidang pembangunan Kabupaten Lahat.

Untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Lahat dituntut untuk memiliki cara pandang yang antisipatif dan inovatif mengenai masa depan yang diinginkannya bertolak dari eksistensi kelembagaan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Lahat dan permasalahan pembangunan fisik yang ada pada Kabupaten Lahat.

Cara pandang yang dikenal dengan Visi organisasi itu, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Lahat mengembangkan dan mengkristalisasikan keinginan aparatur dan bidang dalam menterjemahkan masing-masing tugasnya. Melalui serangkaian pembahasan, pemahaman dan perenungan tentang harapan dan eksistensi lembaga Dinas Pekerjaan Umum             Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Lahat, maka Dinas Pekerjaan Umum             Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Lahat menetapkan visinya sebagai berikut :

TERWUJUDNYA PENGELOLAAN PEMBANGUNAN PRASARANA DAN SARANA DASAR SECARA EFISIEN BERKELANJUTAN SERTA BERWAWASAN LINGKUNGAN UNTUK MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SEGANTI SETUNGGUAN

 

Secara rinci visi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Terwujudnya masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan pengembangan prasarana dan sarana yang mandiri, dinamis dan dapat melaksanakan pembangunan masyarakat sesuai dengan kemampuan sendiri, bertanggung jawab serta dapat mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah sendiri secara benar.
  2. Memberikan manfaat kepada seluruh pelaku dalam pengelolaan prasarana dan sarana dasar baik aparat pemerintah, masyarakat beserta lingkungannya.
  3. Adanya suatu proses demokrasi dalam masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan pembangunan prasarana dan sarana dasar (transportasi dan pengairan) dengan ciri adanya wacana dialog.
  4. Terwujudnya masyarakat sejahtera adalah masyarakat yang dapat memenuhi kebutuhan hidup minimal, agama berpendidikan sehat lahir bathin dalam lingkungan yang aman tertib dan damai.

Untuk mewujudkan visi tersebut pengelolaan pembangunan Transportasi dan Pengairan mempunyai misi

  1. Meningkatkan SDM Aparatur.
  2. Meningkatkan pelayanan yang prima.
  3. Meningkatkan profesionalisme bagi badan usaha jasa konstruksi.
  4. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan.
  5. Mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam secara terencana dan terkendali.

Kabupaten Lahat secara geografis berada digugusan Bukit Barisan, yang menyebabkan banyaknya sungai dan berada pada lahan yang berkontur miring. Sebagian besar perkebunan rakyat berada di areal perbukitan, hal ini menyebabkan jembatan gantung menjadi sarana yang sangat penting keberadaannya, peningkatan kualitas jembatan gantung sangat dimungkinkan karena secara estetika dapat dijadikan objek wisata. Peningkatan kualitas dapat dilakukan dengan perubahan desain jembatan dan penggunaan bahan yang berkualitas.

Saluran air merupakan sarana pendukung jalan yang sangat penting sebab tanpa adanya saluran air daya tahan jalan menjadi kurang dan cepat rusak, oleh sebab itu pembangunan jalan dilakukan secara bersamaan dengan sarana pendukung lainnya seperti siring pasangan dan tembok penahan. Tanpa sarana pendukung tersebut keberadaan  jalan dirasa mubasir dan fungsi jalan sebagai sarana pendukung optimalisasi pemanfaatan sumber daya tidak dapat dioptimalkan.

Pembangunan infrastruktur jalan baru perlu memperhitungkan daerah yang berkembang sangat pesat, sedang dan lambat, sebab hal ini terkait dengan strategi pengembangan kawasan dan pengendalian lingkungan.

Pembangunan infrastruktur jalan baru perlu memperhitungkan daerah yang berkembang sangat pesat, sedang dan lambat, sebab hal ini terkait dengan strategi pengembangan kawasan dan pengendalian lingkungan.

MISI

Dalam rangka menunjang pelaksanaan visi organisasi tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Lahat mengimplementasikan visi organisasi ke dalam beberapa pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai.

Misi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Lahat adalah:

  1. Melaksanakan perencanaan teknis infrastruktur dibidang jalan, sumber daya air yang didukung oleh pemanfaatan kualitas bahan dan teknologi konstruksi.
  2. Melaksanakan pembinaan, pengelolaan, pengendalian dan pengawasan atas pelaksanaan pembangunan infrastruktur Kabupaten dibidang jalan, sumber daya air.
  3. Mengendalikan pembangunan dan pemanfaatan infrastruktur dibidang jalan, sumber daya air melalui mekanisme perijinan.
  4. Melaksanakan pembinaan dalam rangka mengembangkan  peran serta dan partisipasi masyarakat serta dunia usaha jasa konstruksi dalam pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur.
  5. Mengembangkan struktur kelembagaan dan administrasi dalam pengelolaan pelaksanaan pembangunan.
  6. Memanfaatkan potensi water front city ( air sebagai wajah Kabupaten ) dalam membangun infrastruktur dibidang jalan, sumber daya air.


test

xxksnxlsncl nsa;nxsan;


Struktur Organisasi Bagian Adm. Pembangunan


Tugas Pokok dan Fungsi Pegawai Bagian Adm Pembangunan

A. Kepala DInas


DAFTAR URUTAN KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

No. Nama NIP Pangkat Jabatan Masa Kerja Latihan Jabatan Pendidikan Tempat Tanggal Lahir Keterangan
Gol/Ruang TMT Nama/Eselon TMT Tahun Bulan Nama Tahun Jml Jam Sekolah Thn Lulus Ijasan